Pemkot Banjar, Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18

Pemkot Banjar, Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18
Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18 bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Banjar, Sabtu (20/02/2021).

MUDANEWS.COM, Banjar – Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18 bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Banjar, Sabtu (20/02/2021).

Dalam peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18 tersebut, digelar kegiatan launching Desa Bersinar (Bersih Narkoba), yang di awali dengan pembacaan dan penandatanganan fakta integritas Desa Bersinar Se-Kota Banjar, sebagai salah satu bukti berkomitmen untuk mencanangkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Kota Banjar juga pelepasan burung merpati ke udara.

Menurut Wali Kota Banjar, Dr Hj Ade Uu Sukaesih SIp MSi Pemerintah sudah menegaskan bahwa Indonesia dalam keadaan Darurat Narkoba.

Gambaran ini menegaskan bahwa narkoba merupakan ancaman yang sangat serius dan nyata bahkan narkoba dapat meruak generasi suatau Bangsa.

Menghadapi situasi tersebut maka kita sebagai eleman Bangsa harus bergerak bersama mengambil peran dalam upaya penyelamatan Bangsa dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Berdasarkan Permendagri No 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan, dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), Maka Pemerintah Kota Banjar bersama Forkopimda dan BNN mendukung Program Nasional Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba) yang terintegrasi ke Kota Banjar dengan mencanangkan Kota Banjar Bersinar, melalui Launching dan Penandatangan Fakta Integritas Desa/Kelurahan Bersinar.

“Dengan terlaksananya program ini diharapkan seluruh masyarakat Kota Banjar, khususnya memiliki daya tangkal terhadap bahaya penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba, sehingga harapan kita bersama menuju Banjar Berseri akan tercapai,” pungkasnya.

Pemkot Banjar, Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18
Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Banjar Ke-18 bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Banjar, Sabtu (20/02/2021).

Selanjutnya mewakili Kepala BNNP Jawa Barat, Kabid Pemberantasan, Kombes Pol Bubung Pramiadi menjelaskan terkait pencanangan Desa Bersinar ini sudah menjadi program Nasional dimana kita tahu yang disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa Indonesia ini sudah darurat narkoba.

“Hal ini ditindaklanjuti oleh Kepal BNN RI bahwa kita harus perang dengan narkoba,” ucap Kabid Pemberantasan.

Secara Nasional BNN RI memiliki program “Indonesia Bersih Narkoba” tentunya ini harus ditindaklanjuti ke bawah dalam hal ini BNN yang ada di Kota ataupun Kabupaten.

“Dimulai dari wilayah terkecil dari Desa-Desa, kalau Desa-Desa sudah bersih narkoba, Insya Allah Kota ataupun Kabupaten akan menjadi bersinar yang nantinya akan menuju Indonesia Bersinar,” pungkas Kabid Pemberantasan.

Hal senada disampaikan oleh Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin SSos MSi bahwa program Bersinar (Bersih Narkoba) ini harus dilaksanakan ke Tingkat Desa.

Hari ini Kota Banjar, mencanangkan Desa Bersinar, BNN bersama DPMD dan Kesbangpol akan menindaklanjuti bahwa kita harus turun ke Desa-Desa, harus ada regulasi di Tingkat Desa, ada relawan di Tingkat Desa, penggiat anti narkoba di Tingkat Desa, yang nantinya akan diberi pembekalan tentang P4GN dan Program Desa Bersinar.

“Harapan kedepan setelah hari ini launching Desa Bersinar, Kota Banjar, tetap menjadi Kota yang Bersinar (Bersih Narkoba), serta pencanangan ini dapat menjadi momentum bagi pemerintah Kota Banjar, dalam melindungi masyarakat Kota Banjar dari Narkoba, juga bagi masyarakat Kota Banjar akan semakin memiliki kesadaran dan daya tangkal terhadap narkoba,” pungkasnya. Berita Banjar, BQ