Habib Rizieq Datangi Polda Metro Jaya, Polisi: Dia Serahkan Diri Takut Ditangkap

Habib Rizieq Datangi Polda Metro Jaya, Polisi: Dia Serahkan Diri Takut Ditangkap
Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan kepolisian terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, setelah ditetapkan sebagai tersangka. (Net/Foto)

MUDANEWS.COM, Jakarta – Habib Rizieq Shihab mendatangi Polda Metro Jaya hari ini. Polisi menyebut pimpinan FPI tersebut datang untuk menyerahkan diri karena takut ditangkap.

“Jadi Rizieq itu, MRS itu, takut ditangkap, sehingga dia menyerah dan datang ke Polda Metro Jaya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/12/2020).

Polisi memastikan tidak ada jadwal panggilan kepada Habib Rizieq hari ini. Penyidik tetap melakukan penangkapan kepada Habib Rizieq yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

“Polda Metro Jaya tidak melakukan pemanggilan, kita akan tangkap ya. Karena dia takut ditangkap, dia menyerah,” ujar Yusri.

Polisi akan melakukan pemeriksaan terhadap Habib Rizieq. Dokter polisi akan melakukan swab test untuk memastikan Habib Rizieq negatif COVID-19.

Namun Yusri mengatakan soal ditahan atau tidaknya Habib Rizieq menjadi kewenangan penyidik.

“Jadi gini, prosesnya setelah di-swab, setelah itu diberikan surat perintah penangkapan, kemudian dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12).

“Untuk penahanan kan kewenangan dari penyidik, melihat nanti alasan objektif dan subjektif,” sambung Yusri.

Habib Rizieq memberi keterangan saat tiba di Polda Metro Jaya. Apa yang dikatakannya? Simak di halaman selanjutnya.

Diketahui, Habib Rizieq Shihab sendiri tiba di Polda Metro Jaya pada pukul 10.24 WIB. Dia tiba ditemani oleh Sekretaris Umum FPI Munarman.

Habib Rizieq datang menggunakan mobil berwarna putih dengan pelat nomor B-1-FPI bersama rombongan. Habib Rizieq mengenakan pakaian berwarna putih.

Dia mengatakan dalam kondisi sehat dan siap menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

“Saya bisa hadir di Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Habib Rizieq kepada wartawan sebelum masuk gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta.

“Nggak ada yang perlu dipersiapkan, ditanya kita jawab, selesai kan. Saya alhamdulillah selalu sehat walafiat,” tambahnya.

Sumber : detik.com