Selama Sepekan, Harga Cabai Berfluktuasi Sangat Tajam

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Di pekan ini, harga cabai merah maupun cabai rawit mengalami fluktuasi harga yang sangat tinggi. Harga cabai merah di awal pekan di harga 28.800 per Kg untuk wilayah kota Medan, sempat naik hingga mencapai 45.100 per Kg, namun pada akhir pekan ini kembali turun di kisaran 40.600 per Kg nya. Sementara cabai rawit harganya cenderung naik secara konsisten dari 36.100 ke 37.100 per Kg di pekan ini, mengacu kepada Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS).

Hal itu dijelaskan Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (9/12/2022)

“Curah hujan yang tinggi memang cenderung menggiring harga cabai ke tingkat harga yang lebih mahal. Sementara itu, sisi distribusi juga terganggu akibat cuaca yang buruk. Ditambah lagi hujan juga kerap membuat dagangan cabai pedagang mengalami pembusukan lebih cepat dari biasanya. Sehingga bermuara kepada kenaikan harga cabai itu sendiri,” kata Benjamin.

Dari hasil pengamatan di pasar induk, lanjut Benjamin, fluktuasi harga di level pedagang besar atau distributor juga terjadi selama pekan ini. Harga kerap berubah drastis dalam satu hari perdagangan. Fluktusi yang cukup lebar ini akibat pasokan yang tidak konsisten dari sejumlah sentra produksi cabai. Sehingga gejolak harga tidak terelakkan.

“Dari hasil pengamatan selama beberapa hari, distributor kerap menentukan harga yang terlalu lebar antara harga di malam hari dengan harga menjelang pagi hari. Sebagai contoh harga cabai merah di sesi perdagangan malam sempat ditransaksikan di kisaran 40 ribuan per Kg, namun bisa berubah menjadi 20 ribuan per Kg di sesi perdagangan menjelang pagi,” ujarnya.

Diungkapkan Benjamin, untuk sejumlah komoditas pangan lainnya, di pekan ini yang terpantau mengalami kenaikan selain cabai adalah daging ayam yang naik 2000 per Kg menjadi 34 ribu di pekan ini. Demikian halnya juga dengan telur ayam yang mengalami kenaikan menjadi 28.550 per Kg dari posisi akhir pekan sebelumnya di harga 26.400 per Kg. Selebihnya untuk komoditas lain di Sumut belum mengalami perubahan harga.

“Seperti Harga beras masih di kisaran 9.500 hingga 13 ribu per Kg, Daging Sapi di kisaran 124 hingga 134 ribu per Kg, minyak goreng curah masih di kisaran 14.000 per Kg, Bawang Merah ada di kisaran 28 ribuan per Kg, bawang putih masih sama di harga 22 ribu per Kg, dan harga gula masih dalam rentang 14 hingga 15 ribu per Kg,” jelas Benjamin. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini