Awal November Harga Pangan di Sumut Terpantau Stabil

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Harga sejumlah kebutuhan pangan di wilayah Sumut terpantau bergerak stabil. Tidak begitu banyak mengalami perubahan yang cukup besar. Bahkan untuk komoditas cabai harganya sedikit mengalami penurunan. Berdasarkan PIHPS dan sebagai perbandingan, harga cabai merah di akhir pekan kemarin di kota Medan yang sempat ditransaksikan rata-rata dikisaran 28 ribu per Kg, di pekan ini turun dikisaran 27 ribu per Kg nya.

Hal itu dijelaskan Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (1/11/2022).

“Cabai rawit di kota Medan juga demikian, jika di akhir pekan sebelumnya sempat ditransaksikan di harga 28.300 per Kg, sejak kemarin harga cabai rawit ditransaksikan turun di harga 26.200 per Kg nya hingga hari ini. Namun sedikit berbeda jika melihat Sumatera Utara secara keseluruhan, dimana harga cabai merahnya sedikit mengalami kenaikan dari 29.950 menjadi 31.150 per Kg saat ini,” jelasnya.

Namun, sambungnya, untuk cabai rawitnya mengalami penurunan dari 31.450 menjadi 30.550 per Kg saat ini. Selebihnya yang mengalami penurunan tajam adalah bawang merah. Dimana akhir pekan lalu dijual dikisaran harga 32.900 per Kg di kota Medan, menjadi 29.800 per Kg nya saat ini. Dan untuk harga daging ayam di Sumut turun sekitar 50 rupiah per Kg menjadi 30.850 per Kg, dan di Medan turun 200 per Kg dikisaran harga 27.600 per Kg saat ini.

“Sementara itu, untuk harga bawang putih di kota Medan mengalami kenaikan dari posisi sebelumnya 20.400 per Kg menjadi 22 ribu per Kg saat ini. Walaupun untuk wilayah Sumut sendiri rata rata bawang putih hanya naik 100 per Kg di kisaran 25.600 per Kg saat ini. Dan selebihnya sejumlah harga kebutuhan pangan lainnya terpantau sangat stabil,” tambahnya.

Ia menambahkan, seperti harga beras untuk semua jenis yang terpantau tidak mengalami tidak banyak berubah dibandingkan dengan pergerakan harga di pekan lalu. Selanjutnya harga telur ayam baik di Medan maupun Sumut secara keseluruhan cukup stabil. Dimana harga telur ayam di kota medan di jual dikisaran 26.100 per Kg, dan di Sumut secara keseluruhan ada dikisaran 28.200 per Kg.

“Untuk minyak goreng curah juga terpantau stabil dikisaran harga 12.900 per Kg di kota Medan, sementara di Sumut berada dikisaran 13.850 per Kg nya. Dan untuk gula pasir di semua wilayah di Sumatera Utara juga terpantau tidak banyak mengalami perubahan harga. Jadi semuanya terpantau cukup stabil di awal bulan November ini,” jelasnya.

Sementara, lanjutnya, untuk bulan November sendiri, pergerakan harga pangan nantinya berpeluang cukup stabil dengan kecenderungan sedikit mengalami kenaikan. Faktor cuaca akan sangat mempengaruhi perubahan harga, disisi lain juga akan dipengaruhi oleh pergolakan harga pangan dunia. Namun sejauh ini saya masih optimis harga pangan di Sumut hingga tutup tahun akan terpantau stabil. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini