Harga Tiket Pesawat Naik, Sumut Batal Cetak Deflasi?

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Harga minyak dunia belakangan ini memang mengalami peningkatan. Yang pastinya juga turut memicu kenaikan harga avtur. Jadi mengacu kepada kenaikan harga avtur, memang pada dasarnya sangat rasional jika harga tiket disesuaikan (naik) harganya. Hanya saja kalau kenaikannya harus sama dengan presentase kenaikan harga avtur, yang sejauh ini naik 64.4%-an, maka beban yang diterima konsumen akan mengalami peningkatan.

“Kenaikan harga tiket yang mengikuti kenaikan harga avtur jelas akan membebani perekonomian Sumut khususnya dari sisi pengendalian inflasi. Karena memang pada dasarnya untuk perjalanan lewat udara, konsumen tidak memiliki banyak pilihan. Jadi kalaupun harga ditetapkan naik yang parael dengan kenaikan harga avtur, lantas masyarakat bisa apa?” kata Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin, Rabu (10/8/2022).

Untuk harga tiket sendiri, Benjamin merekomendasikan agar masyarakat memahami bagaimana perhitungan batas atas harga tiket seperti yang diutarakan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Beberapa rute penerbangan dari medan ke beberapa kota tujuan itu memang ada yang hanya diisi oleh satu maskapai penerbangan saja. Jadi masyarakat juga bisa ikut terlibat dalam memantau harga tiket dan tahu kemana harus melaporkannya.

“Rencana kenaikan harga tiket tentu memang akan membuat pengguna jasa penerbangan menurun. Dan tentunya bisa berimbas pada penurunan aktifitas bisnis lainnya, seperti industry pariwisata hingga kenaikan tariff jasa pengiriman barang. Beban inflasi akibat dari kenaikan harga tiket ini besar ke perekonomian,” jelasnya.

Benjamin juga berharap sekalipun terjadi kenaikan angkanya juga tidak terlalu besar. Saat ini industry parawisata tengah mencoba untuk bangkit. Lanjutnya, kenaikan harga tiket bisa menekan kembali industry pariwisata. Sambungnya, bisa membuyarkan ekspektasi deflasi di bulan Agustus.

Benjamin mengatakan dari hasil pemantauan yang saya lakukan terhadap harga tiket pesawat. Harga tiket rute Kualanamu – Banda Aceh pada hari Selasa dan Jumat itu relative lebih murah dibandingkan dengan hari biasanya. Nah dan dari hasil pantauan kita di hari hari tersebut memang ada jadwal penerbangan tambahan dari maskapai lain.

“Namun kalau seandainya untuk menurunkan harga tiket dengan menambah maskapai, juga belum tentu akan dilakukan penambahan armada oleh maskapai tertentu. Karena kondisi sekarang ini beban biaya penerbangan itu meningkat tajam. Yang dipicu oleh peningkatan biaya operasional karena kenaikan komponen biaya termasuk avtur, dan dibarengi dengan penurunan daya beli masyarakat yang menekan jumlah penumpang,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini