ISNU Langkat Harapkan KOPITU Bangun Pelaku UMKM

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Belajar dari sejarah krisis, yang pernah melanda di negeri ini maka Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) menjadi titik awal untuk memberikan wahana dan paradigma baru dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan akan tampil sebagai Pahlawan Pemulihan Ekonomi RI itu harapan para pelaku UMKM di negeri Indonesia tercinta ini.

“Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Langkat meminta seluruh pengurus KOPITU Langkat untuk membuat grafik dan pemetaan bagi para pelaku UMKM di daerah kabupaten Langkat yang mengalami pasang surut dalam meraih rezeki maka untuk tetap optimis dalam menghadapi era new normal pandemi Covid-19 ini kita perkuat silaturahmi bersama dengan intensitas membuka cakrawala pengetahuan melalui via internet walaupun kita dihantui bayang-bayang gelap dimasa pandemi Covid-19 ini kita jangan takut dan lalai dengan penyebaran virus Covid-19 tersebut,” ujar Buya Dhev saat menghadiri kegiatan pembentukan kepengurusan Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU) yang telah diselenggarakan pada Senin (13/7/2021) pukul 13.00 – 17.00 WIB di Cafe Delima Depan Polres Langkat.

Sejarah mencatat, saat krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia pada tahun 1998 atau 2007, UMKM muncul sebagai hero dalam pemulihan ekonomi Indonesia saat itu.

“Belajar pada sejarah krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia, UMKM tampil sebagai ‘pahlawan’ pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh Tokoh Masyarakat Langkat Bang Khairul Anwar ST MM, Ahmad Zaidnur, dan tokoh Jawa ada Mas Sutopo SH, Mas Somiran Noel, Mbak Sri Wahyuni, Mbak Purnamawati keterwakilan unsur Pujakesuma, Aktivis tokoh cendikiawan Nahdliyyin yakni Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Dhevan Efendi Rao SH SPd bersama Sekretaris PC ISNU Kabupaten Langkat Bahtiar SPdI, Unsur Wakil Bendahara PC ISNU Kabupaten Langkat Rika Purwanti SPdI, Anggota PC ISNU Kabupaten Langkat Abdul Rahim serta kaum milenial generasi muda Langkat yakni hadir Ketua PC IPNU Kabupaten Langkat Adinda Imran Lubis SSosI dan keterwakilan muda-mudi para pelaku usaha dari daerah masing-masing di kabupaten Langkat, kegiatan ini berupaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi UMKM di Era Tatanan New Normal Pandemi Covid-19.

Tampil sebagai pembicara yaitu Mas Suwandi SH sebagai pemegang mandat membentuk kepengurusan DPD KOPITU Langkat.

Sedangkan bertindak sebagai moderator umum KOPITU, Mas Somiran Noel membawa Jalannya diskusi berlangsung dengan sangat menarik dan interaktif.

Menurut Buya Dhev, UMKM Indonesia mampu untuk bangkit dan menghadapi new normal Pandemi Covid-19. Apalagi, pemerintah memberikan dukungan penuh kepada UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Bagi UMKM, dengan penekanan pada reaktivasi usaha, yang tentunya agar dapat berjalan dengan baik akan dilaksanakan secara sinergi dengan para stakeholder, baik dari perbankan maupun penyedia pasar (marketplace) dan bahan baku, serta organisasi UMKM, seperti KOPITU; untuk penerapan program PEN ini supaya tepat sasaran,” ujarnya Buya Dhev.

Program PEN ini jelasnya juga sebagai momentum KOPITU untuk UMKM dapat bertransformasi terutama dalam hal kualitas dan kuantitas produk.

Demikian juga dengan metode penjualan yang tidak hanya dilakukan secara konvensional, tetapi juga sudah menggunakan cara penjualan online baik melalui marketplace atau website; sehingga dapat menembus pasar internasional.

Bentuk pelaksanaan program-program yang berada di bawah naungan Program PEN ini dipaparkan oleh para pembicara juga mampu memberikan informasi tentang tata cara dan sistem atau prosedur yang dapat diikuti oleh UMKM untuk bisa survive dalam era new normal ini dan meningkatkan income UMKM itu sendiri.

Lebih lanjut, Buya Dhev yakin dan optimis UMKM Indonesia, terutama para anggota KOPITU Langkat, siap untuk menghadapi new normal pandemi Covid-19.

“Dengan adanya dukungan dari Pemerintah dan sinergitas KOPITU dengan Pemerintah dan para stakeholders serta mitra KOPITU, dalam melakukan langkah-langkah konkrit yang merupakan implementasi dari Program PEN; dan kembali menjadi penyelamat perekonomian nasional dalam Armageddon Covid-19 saat ini,” pungkasnya.

Dengan ini kami PC ISNU Kabupaten Langkat Dhevan Efendi Rao SH SPd mengucapkan selamat atas terpilihnya Abangnda Khairul Anwar ST MM menahkodai pucuk pimpinan DPD KOPITU Kabupaten Langkat sebagai Ketua terpilih Buya Dhev yakin para pelaku UMKM di daerah kabupaten Langkat akan dibina dan diperdayakan UMKM dan menuntaskan angka kemiskinan disaat pandemi Covid-19 ini. Sebagai sekretaris KOPITU Langkat diamanahkan kepada Ketua PC IPNU Kabupaten Langkat Adinda Imran Lubis SSosI dan Bendaharanya M. Rafii.

“Semoga dengan terbentuknya kepengurusan DPD KOPITU Kabupaten Langkat dapat membawa secercah harapan para pelaku UMKM di daerah kabupaten Langkat untuk diberikan kesejahteraan dan kemakmuran para pelaku UMKM dan memberikan ruang bagi pelaku usaha mikro kecil menengah untuk dapat dipromosikan hasil keterampilan dan produk buah karya anak Langkat yang ditekuni dalam dunia usaha dan bisa menerobos pangsa pasar globalisasi,” tegas yang disampaikan oleh Buya Dhev.

Sementara Ketua terpilih DPD KOPITU Langkat Khairul Anwar ST MM yang juga Anggota DPRD Sumut Periode 2014-2019 mengucapkan terima kasih teman-teman telah mempercayakan saya untuk memimpin KOPITU Kabupaten Langkat mengajak seluruh pengurus untuk membesarkan dan memajukan KOPITU ini.

“Karena saya tidak bisa bekerja sendiri tampa ada dukungan dan kerjasama jajaran pengurus dan anggota KOPITU ini,” ujar Khairul Anwar yang juga mantan Anggota DPRD Kabupaten Langkat ini. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini