Bansos Rp 300 Ribu, Cek Lewat http//cekbansos.kemensos.go.id Login

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Sempat marak beredar pesan hoax melalui WhatsApp berisikan cara pengecekan bantuan PPKM secara online. Padahal pengecekan penerima bansos PPKM hanya dapat diakses melalui http//cekbansos.kemensos.go.id login.

“Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp 300.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap https://bungappkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli. Program ditutup 3 Hari Lagi,” demikian isi pesan hoax tersebut.

Pihak Kementerian Sosial (Kemensos) lewat akun Instagramnya telah memastikan hal tersebut tidak benar. Mereka meminta masyarakat yang menerima pesan tersebut untuk tidak disebarluaskan karena hoax.

“Jika kalian mendapatkan pesan di atas, stop di kamu, ya. Jangan disebarluaskan karena itu hoaks. Yuk pastikan saring sebelum sharing!” tulis akun @kemensosri.

Selain melalui http//cekbansos.kemensos.go.id login, Kemensos turut mengungkap situs lain yang digunakan untuk hoax cek bantuan PPKM. Situs tersebut beralamatkan https://subsidippkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli.

Pemerintah memang mengeluarkan program Pemulihan Ekonomi Nasioanl (PEN) dengan memberikan perlindungan sosial, salah satunya dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sejak April 2020, Kemensos menyalurkan BST senilai Rp 300.000 per bulan melalui PT Pos Indonesia. Untuk tahun 2021, BST disalurkan bulan Januari hingga April. Kemudian BST ditambah dua bulan yakni bulan Mei dan Juni yang disalurkan seklaigus bulan Juli.

Namun perlu diingat bahwa Kemensos telah menegaskan pihaknya tidak pernah membuat website untuk pendaftaran penerima bantuan sosial Rp 300.000. Apalagi dibuat pesan berantai.

Nah untuk melihat daftar penerima bansos yang asli, berikut cara mengakses http//cekbansos.kemensos.go.id login :

  1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
  3. Ketik nama Anda sesuai KTP
  4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  6. Lalu klik tombol cari

Demikian cara cek bansos tunai melalui http//cekbansos.kemensos.go.id login. Sedangkan untuk penyaluran bansosnya sendiri dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Negara (Himbara), serta beras melalui Perum BULOG.

Sumber : finance.detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini