Rupiah dan IHSG Menguat di Awal Pekan

IHSG dan Rupiah Menguat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Beberapa bursa di Asia masih ada yang tutup seiring dengan perayaan tahun baru imlek.

“Namun bursa lainnya terpantau dibuka di zona hijau dan kinerjanya mengalami penguatan. Seiring dengan hal tersebut, kinerja IHSG mengalami penguatan pada sesi pembukaan perdagangan hari ini. IHSG dibuka menguat 0.35% di awal pekan. Dimana IHSG dibuka naik di level 6.244,38,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (15/2/2021).

Belum terlihat sejauh ini akan adanya tekanan pada pasar keuangan. Rupiah disisi lain juga dibuka menguat di kisaran level 13.960 sejauh ini.

“Di pekan ini, kondisi pasar keuangan masih akan bergerak dalam teritori positif, dan tekanan yang terjadi kalaupun ada nantinya, sejauh ini saya melihat tekanan tersebut tidak akan signifikan,” ujarnya.

Walaupun demikian, kata Benjamin, pelaku pasar bisa mencermati kemungkinan rehat pasar keuangan disaat mendekati level level tertentu. Seperti level resisten, atau level psikologis yang kerap bisa memciu terjadinya profit taking. Kinerja pasar keuangan diyakini masih akan bergerak dalam tren positif di pekan ini.

“Fokus pelaku pasar nantinya akan tertuju pada minutes Bank Sentral AS terkait dengan perkembangan ekonomi terkini dan kedepan. Sejauh ini ekspektasinya adalah adanya pemulihan ekonomi di AS, namun kita belum bisa memastikan sebarapa kuat nantinya sentiment tersebut mampu mengarahkan kinerja pasar keuangan ke zona hijau,” pungkasnya. (red)