Masih Sideways, US Dolar Melemah di Pasar Global, Rupiah Gagal Menguat

Masih Sideways, US Dolar Melemah Di Pasar Global, Rupiah Gagal Menguat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Akhir pekan ini, pasar keuangan akan tetap bergerak sideways. Sentimen di pasar lagi-lagi tidak begitu banyak. Semuanya masih bergerak sideways. IHSG pada sesi pembukaan dibukan melemah tipis di level 6.106,25. Walaupun sejauh ini menguat tipis di kisaran 6.117. Jadi saya tetap merekomendasikan pelaku pasar untuk lebih banyak mengamati dibandingkan bertransaksi.

“IHSG disesi perdagangan hari ini berpeluang untuk bergerak dalam rentang 6.100 hingga 6.130. Kecuali jika memang ada sejumlah sentimen lain yang tiba-tiba muncul selama sesi perdagangan yang membuat IHSG bergerak ke arah tertentu,” papar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020).

Sementara itu, mata uang rupiah juga stabil. Masih sama dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Dimana rupiah diperdagangkan di kisaran level 14.107 per US Dolar. Untuk mata uang rupiah saya menilai potensi kinerjanya juga tidak berbeda dengan IHSG. Bergerak sideways hingga sesi penutupan perdagangan nantinya.

“Kinerja mata uang rupiah menurut hemat saya seharusnya bisa menguat di bawah level 14.000. Tren kebijakan ekonomi di AS telah membuat US Dolar tertekan terhadap sejumlah mata uang lainnya. Namun sepertinya tidak demikian, rupiah justru tertahan di level 14.100-an yang membuat Rupiah buang kesempatan potensi penguatannya. Meskipun pergerakan rupiah ini tidak terlepas dari kontrol BI dalam menjaga stabilitas mata uang Rupiah,” ujarnya. (red)