Stimulus Diragukan hingga BPS Rilis Data Dagang, Rupiah Menguat Namun IHSG Melemah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG di sesi pembukaan perdagangan hari ini melemah tipis di level 5.172,59. Meskipun masih mampu berbalik ke zona hijau. Disisi lain mata uang Rupiah justru mampu dibuka menguat, bahkan sempat diperdagangkan di level 14.685 per US Dolar. Meskipun sejauh ini Rupiah sendiri bergerak diarea 14.700. Masih mampu lebih baik dibandingkan dengan kinerja penutupan perdagangan sebelumnya.

“Untuk kinerja indeks saham, bursa di AS yang melemah turut menjadi pemicu memburuknya kinerja indeks saham di asia hari ini. Pelaku pasar kembali dibuat kecewa setelah menteri keuangan AS menyatakan bahwa kesepakatan Stimulus sulit untuk diwujudkan setidaknya hingga Pilpres November mendatang,” ujar Analils Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Medan, Sumatera Utara, Kamis (15/10/2020).

Sementara itu, kata Gunawan, mata uang Rupiah berpotensi akan menguat. Seiring dengan rilis data BPS terkait dengan neraca perdagangan Indonesia. Data neraca dagang Indonesia diperkirakan masih akan surplus. Meski demikian, rilis data tersebut tetap memiliki dua sisi yang berbeda.

“Di satu sisi data tersebut, baik buat pengendalian mata uang rupiah. disisi lain, surplus menunjukan bahwa aktifitas ekonomi domestic masih melemah. Yang bisa mengindikasikan bahwa Indonesia dalam tekanan ekonomi yang masih terus berlangsung,” jelas Gunawan. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini