Heli AW139
Heli AW139

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Satu unit Heli berjenis AW139 (oranye) telah mendarat di hanggar pangkalan militer Lanud Soewondo, Jalan Avros, Kecamatan Medan Polonia, Selasa, (10/1) pagi. Heli itu nantinya akan dimanfaatkan untuk keperluan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam penanggulangan bencana.

Dalam acara itu, turut hadir Gubsu Tengku Erry Nuradi, Kepala Basarnas Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo, Kasdam I/BB Brigjend Tiopan Aritonang, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Jemi Tri Sonjaya, Danlanud Soewondo Kolonel PNB Arifien Sjahrir, Kepala BPBD Sumut dan Ketua PMI Sumut Rahmat Shah.

Acara itu digelar guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum mengenai heli tersebut. Berbahan titanium dengan panjang 13,77 meter dan tinggi 3,72 meter, heli pabrikan Italia itu mampu menampung beban hingga 15 penumpang. Selain itu, juga dilengkapi main rotor (baling-baling) berjumlah 5, sehingga memungkinkan untuk terbang lebih stabil. Tak sampai di situ, heli ini juga mampu terbang dengan kecepatan hingga 310 km/jam dan mengudara di ketinggian 20.000 kaki.

Heli ini pun digadangkan sebagai heli paling canggih milik Basarnas, karena selain telah menggunakan avionik digital dan dilengkapi sistem kendali empat sumbu otomatis, juga dilengkapi peralatan pendukung seperti penjejak infra merah FLIR Star SAFIRE 380-HDc dan searchlight TrakkaBeam A-800. Juga mampu terbang diam (hover) secara otomatis.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas digelarnya acara tersebut. Dia berharap, ke depannya heli tersebut akan bermanfaat dalam memudahkan penanggulangan, proses penyelamatan dan evakuasi korban bencana.

Selain di Medan, pihaknya juga telah melakukan analisis di provinsi-provinsi lainnya agar dapat menghadirkan heli serupa. Ada sekitar 12 unit yang akan disiapkan untuk menghadapi bencana nantinya. Kehadiran heli ini juga, diharapkan mampu mempersingkat jarak tempuh menuju lokasi bencana.

“Hari ini kita bersama-sama memanfaatkan waktu dan peluang untuk mengikuti acara yang kita nikmati,” ujarnya di Hanggar Lanud Soewondo, Jalan Avros, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (10/1).

Gubsu, Tengku Erry Nuradi mengatakan, dirinya telah menandatangani MoU atas kerja sama yang dilakukan antara Pemprovsu dan Basarnas.

“Acara penandatanganan nota kesepahaman bersama Basarnas tentang peningkatan operasi pencarian dan kerja sama melalui helikopter SAR yang baru ini. Oleh karena itu, nantinya helikopter ini akan memberi dukungan kapasitas operasi penyelamatan baik dari potensi SAR maupun BPBD,” ungkapnya.

Erry juga menyatakan tak hanya Sumut yang akan memanfaatkan heli itu, tetapi juga Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau.

“Jadi nanti ada lima provinsi yang akan mendapat penanggulangan bencana dengan heli ini, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau,” tandas Erry.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here