Tausiah Kebangsaan TGB
Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe dan Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA kembali menyampaikan tausiah kebangsaan dihadapan Bupati, para tokoh, intelektual muda, para aktivis, para Ustaz, ketua Ormas, mahasiswa dan masyarakat Labuhanbatu, Selasa (2/4/20019).

Tausiah Kebangsaan Isra Mikraj dengan tema ‘Urgensi Akhlak Dalam Pembangunan Bangsa’ diselenggarakan di Aula Asrama Haji Rantau Prapat. Tuan guru batak menegaskan, solat sebagai hadiah agung perjalanan isra wal mikraj harus mampu membentengi diri dari segala bentuk perbuatan tercela.

TGB menerangkan, solat memiliki banyak tingkatan dalam makna kekhusyukan bathiniah dalam berjumpa dengan Tuhan. Solat bukan sekedar ritual tetapi sebuah penghayatan pengabdian yang melahirkan pesan-pesan keselamatan. Solat harus melahirkan akhlakul karimah. Dekat dengan Tuhan dan sayang sesama makhluknya. Solat yang mampu menghadirkan keselamatan, kedamaian dan kasih sayang inilah yang paling penting dalam konteks membangun bangsa yang beradab dan ber-akhlakul karimah.

“Barisan solat harus rapi dan tertib dalam satu kesatuan gerakan dengan imam. Ini sebuah isyarat, umat harus menjaga nilai-nilai persatuan. Intinya adalah merapatkan saf barisan bangsa Indonesia untuk tetap bersama-sama dalam berupaya berbangsa dan bernegara. Meski beda pendapat, beda fikiran, beda keinginan, itu tetap pada titik yang berpikir sama, memajukan bangsa Indonesia,” ucap tuan guru batak.

Sementara itu, Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe menegaskan, pemkab Labuhanbatu akan tetap serius dan konsisten membangun budaya akhlakul karimah di masyarakat. Dimulai dengan kepedulian terhadap nilai-nilai pendidikan. Pemkab Labuhanbatu perhatian terhadap beasiswa mulai dari siswa sampai mahasiswa akan terus ditingkatkan dan diperbesar.

Kegiatan perayaan Isra Mikraj diselenggarakan oleh KAHMI Labuhanbatu, UNIVA Labuhanbatu dan Y-Universitas Labauhan Batu serta didukung Bupati Labuhan Batu berjalan meriah dan khidmat.

Mewakili panitia penyelenggara, Abdi Jaya Pohan menjelaskan pendidikan akhlak dan budi pekerti sangat mendesak untuk kita kerjakan. Sebab, benteng moralitas anak bangsa dalam menghadapi tantangan zaman.

“Sengaja mengundang Tuan Guru Batak sebagai tokoh sufi dan spiritual yang banyak mendalami persoalan pembinaan akhlak dan mengobati penyakit-penyakit hati,” ucapnya.

Tabligh akbar dihadiri dan dibuka langsung Bupati Labuhanbatu Bapak Andi Suhaimi, Kapolres Bapak Fredy Situmorang, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri, Kakan Kemenag, Bapak Sadrul Fuad, Rektor Univa, Koordinator Yayasan Labuhanbatu, Ketua Muhammadiyah dan Ketua KAHMI Labuhanbatu serta sejumlah tokoh dan aktivis. Berita Labuhanbatu, MN