Pemekaran Provinsi Sumteng, Mahasiswa Eks Tabagsel Antara Pro dan Kontra
Iman Harahap

MUDANEWS.COM, Padang Lawas Utara – Belakangan ini sempat hangat pembahasan terkait pemekaran provinsi sumatera tenggara yang terdiri dari beberapa kabupaten kota yang meliputi eks tabagsel banyak tokoh-tokoh yang melontarkan pernyataan mendukung pemekaran dengan dasar untuk mempercepat pembangunan daerah di segala sektor.

“Begitu juga dengan tokoh-tokoh yang lain melontarkan pernyataan menolak untuk pemekaran tersebut dan bernarasi ini hanya akal akalan para elit-elit politik saja,
Hal tersebut sangat membingungkan kami mahasiswa ini, antara pro atau kontra terhadap pemekaran sumteng,” ujar Iman Harahap wakil ketua Gema Paluta saat dihubungi melelalui pesan whatsapps oleh MUDANEWS.COM, Senin (15/072019).

Ia mengatakan, wacana pemekaran sumteng ini kan sudah sangat lama sekali terendap, kenapa sekarang muncul lagi kepermukan, kalau pun perjuangan panjang pemekaran sumteng ini hampir membuahkan hasil. “Kenapa menjadi hal yang harus diperdebatkan, jikalaupun memang ada kecurigaan terhadap elit politik untuk mengekploitasi ini kenapa tidak melakukan tabayun dan duduk bersama membahas secara universal terkait subtansi yang diperdebatkan,” ungkapnya.

Lanjut Iman, kami berharap kepada seluruh tokoh-tokoh masyarakat, akademisi, elit politik, pemuda, alim ulama dan para mahasiswa.

“Untuk menggagas pertemuan dan membahas secara universal terkait sumatera tenggara supaya diskusinya sampai pada tahap dealektika agar tidak jadi perdebatan kusir,” tutupnya. Berita Padang Lawas Utara, red