Krisis Kemanusiaan Myanmar
Foto : Anak-anak pengungsi Rohingya di Penampungan Hotel Beraspati Medan.

MUDANEWS.COM, Medan – Sebanyak 437 pengungsi etnis Rohingya berada di Sumatera Utara saat ini.

Mereka ditempatkan di tujuh lokasi penampungan yang ada di Medan dan Deli Serdang. Para pengungsi itu mendapat pengawasan dari Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkuham Sumut) berkerjasama dengan International Organization for Migration (IOM).

“Ada 20 orang di Rumah Detensi Omigrasi Belawan, 93 di Hotel Pelangi, Hotel Top Inn 61 orang, YPAP 72 orang dan Hotel Graha Ayura 2 orang,” Humas Kanwil Kemenkuham Sumut Josua Ginting, Kamis (7/9/2017).

Sementara itu, untuk Hotel Beraspati ditempati 127 orang dan Hotel Pelangi Andaman 62 orang. Sampai saat ini, belum ada kepastian kapan para pengungsi akan dikirim ke negara tujuan untuk mendapatkan suaka seperti di Australia dan Amerika serikat.

“Untuk tujuan para pengungsi itu tergantung dari IOM sebagai fasilitator untuk mengirim mereka tujuan untuk mencari suaka,” ungkapnya.

Selama tiga tahun belakangan, jumlah pengungsi etnis rohingya terus mengalami peningkatan. Apalagi, suhu konflik di Myanmar terus meningkat. Khususnya dua pekan terakhir.

Selama di pengungsian, para pengungsi menghabiskan waktu dengan mengisi kegiatan seperti bermain takraw dan mengaji. Sebagian dari mereka bahkan sudah fasih berbahasa Indonesia.

Sampai saat ini para pengungsi masih menunggu diberangkatkan ke negara ketiga. Berita Medan, Yogoy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here