Tarian Peumulia Jamee Akan Awali Pembukaan Pentas PAI 2017

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banda Aceh – Peumulia Jamee akan menjadi tarian pembuka pada Seremonial Pembukaan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Nasional ke-VIII di Provinsi Aceh, malam ini. Pembukaan dipusatkan di lapangan taman Shulthanah Shafiatuddin.

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin menerangkan, Peumulia Jamee merupakan tarian sambutan selamat datang kepada para tamu.

“Tarian menggambarkan masyarakat yang bersahaja dalam menyambut tamu yang datang. Siapapun yang berkunjung ke Serambi Makkah, dibuat menjadi bagian dari masyarakatnya,” ujar Saifuddin di sela-sela gladi bersih pembukaan di taman Shulthanah Shafiatuddin, Minggu (8/10).

Menurut Saifuddin, selain menampilkan Tarian Peumulia Jamee, pembukaan juga menampilkan tari Rapa’i Geleng dan tari Rap’i Pasai. “Tarian ini melibatkan 500 penari siswa pilihan,” tambah Saifuddin.

Tari Rapa’i Geleng dan Rap’i Pase, lanjut Saifuddin, merupakan tarian etnis Aceh yang melambangkan sikap keseragaman dalam hal kerjasama, kebersamaan, dan penuh kekompakan dalam lingkungan masyarakat.

“Tarian ini mengekspresikan dinamisasi masyarakat dalam syair yang dinyanyikan,” imbuhnya.

Saifuddin menambahkan, persiapan sudah 99%, semua komponen baik dari konsep pembukaan, tamu undangan, venue pameran, rekayasa lalulintas dan lain-lain, sudah siap semua. “Insya Allah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang membuka acara,” terang Saifuddin.

Pentas PAI ke-VIII berlangsung selama sepekan, dari tanggal 9 sampai 14 Oktober 2017. Pentas PAI ini kali mengangkat tajuk “Merawat Keberagaman, Memantapkan Keberagamaan”.

Event ini akan mempertandingkan 22 cabang, antara lain: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Cerdas Cermat PAI, Kaligrafi Islam, Seni Nasyid, Debat PAI, dan Kreasi Busana Muslim.

Rencananya, seremonial pembukaan akan dihadiri para Kepala Kanwil se-Indonesia dan Gubernur Provinsi Aceh Irwandi Yusuf. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini