SD Tenggelam, Siswa dan Guru Berharap Perhatian Pemkab Batubara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Erwin

MUDANews.com, Batubara (Sumut) – Akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan sepanjang jalan Merdeka di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara tergenang air. Tidak hanya akses transportasi, air juga menggenangi halaman SDN 010162 dan SDN 010263 Kampung Lalang Desa Suka Maju, Tanjung Tiram.

Zulkifli, tokoh masyarakat di desa itu mengatakan, genangan air tidak saja di halaman sekolah tetapi juga membanjiri ruang kelas hingga mencapai 15 – 20 cm. Akibatnya proses belajar dan mengajar terganggu. Untuk datang kesekolah siswa dan guru terpaksa tanpa menggunakan alas kaki.

“Banjir di sekolah ini baru terjadi beberapa tahun terakhir, itu akibat penimbunan badan jalan yang lebih tinggi sehingga air mengalir ke halaman sekolah. Sementara parit yang ada tidak mampu menampung debit air apalagi hujan cukup deras. Kita berharap perhatian serius Pemkab Batubara agar banjir tidak lagi menghambat proses belajar mengajar disekolah,” pinta Zulkifli.

Kepala Sekolah (Kasek) SDN 010163 Desa Suka Maju Aidah,SPd menyebutkan, air yang menggenangi halaman dan ruang kelas membuat sejumlah murid tidak tertib belajar, sebab mereka asyik bermain air. Kondisi itu juga membuat guru terpaksa menambah aktifitas seperti merapikan bangku dan membersihkan ruangan yang tergenang.

“Proses belajar mengajar tetap seperti biasa, hanya saja kalau pagi guru dibantu murid harus lebih dahulu menguras air yang tergenang di ruang kelas. Kondisi ini memang membuat sedikit gerah, tapi namanya tugas ya mau gimana lagi,” ujarnya.

Dia juga berharap pemerintah dapat mengatasi permasalahan tersebut sehingga wadah menimbah ilmu bagi generasi penerus bangsa khususnya di Tanjung Tiram bebas dari banjir.

- Advertisement -

Berita Terkini