Pawai Alegoris Banjar, Menarik Wisatawan dan Waka Polres Ikut Meriahkan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Waka Polres Banjar, Kompol., Drs., Ade Najmulloh, bersama ribuan warga masyarakat diwilayah Kota Banjar, Jawa Barat, mengikuti kegiatan “Pawai Alegoris” dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, Selasa (20/08/2018).

Karnaval (Pawai Alegoris) yang diselenggarakan setiap setahun sekali ini, digelar sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, untuk menarik wisatawan.

Peserta “Pawai Alegoris” sendiri terdiri dari 25 Desa/Kelurahan, 26 SMP dan SMA sederajat, Kecamatan, SKPD, BUMD, BUMN dan instansi lainnya. Pawai ini berpusat di sekitar Alun-alun Kota Banjar tepatnya di Jalan Letjen Soewarto.

Setiap peserta menampilkan berbagai kreasi unik, dan program unggulannya seperti setiap Dinas Instansi Pemerintahan Kota Banjar, menampilkan capaian kinerja, dan sosialisasi program kepada masyarakat. Sekolah menampilkan prestasi, serta kerajinan unggulan. TNI dan Polri menampilkan alutsista dan kendaraan operasional untuk menjaga keamanan wilayah.

Sedangkan masing-masing Desa, dan Kelurahan, menampilkan produk unggulan, dan hasil industri rumah tangga, pertanian, dan peternakan, seperti menghias kendaraan dengan bentuk ikan lele, ikan gurame, perahu, hingga berbentuk buah-buahan seperti pepaya, dan lainnya.

Karnaval (Pawai Alegoris) yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi tersebut, disaksikan langsung oleh Wali Kota Banjar, DR., Hj., Ade Uu Sukaesih, S.Ip., M.Si., beserta para pejabat di panggung kehormatan. Kemudian arak-arakan terus melaju mengelilingi wilayah Pusat Kota Banjar.

Pawai Alegoris Banjar, Menarik Wisatawan dan Waka Polres Ikut Meriahkan
Polres Banjar dan Masyarakat ikut semarakan Pawai Alegoris

Karnaval (Pawai Alegoris) sendiri diikuti oleh Personil di Jajaran Polres Banjar, Polda Jabar, yang menampilkan pasukan Polres Banjar dari setiap Fungsi, dan tentunya disambut gembira oleh ribuan warga masyarakat diwilayah Kota Banjar, yang telah menunggu sejak pagi.

“Setiap setahun sekali ada Pawai Alegoris, memang ditunggu-tunggu. Biasanya dilaksanakan sehari setelah upacara hari kemerdekaan,” ujar Mia (23) salah seorang warga Banjar saat ditemui sedang menyaksikan kegiatan Pawai Alegoris.

Sementara itu, Wali Kota Banjar, DR., Hj., Ade Uu Sukaesih, S.Ip., M.Si., mengungkapkan bahwa pengembangan wisata merupakan bagian penting dari suatu daerah. Pariwisata dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, memperluas lapangan kerja dan mendorong industri.

Pawai Alegoris Banjar, Menarik Wisatawan dan Waka Polres Ikut Meriahkan
Walikota Banjar di Pawai Alegoris

“Pawai Alegoris atau pesta rakyat ini salah satunya dapat memperkenalkan, dan mempromosikan keragaman, serta keindahan budaya serta potensi daerah yang ada diwilayah di Kota Banjar. Sekaligus dapat meningkatkan persaudaraan baik Daerah, Nasional, hingga Internasional,” ungkap Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih

Dalam memeriahkan HUT RI, Kota Banjar selalu menyajikan Pawai Alegoris atau pesta rakyat tersebut. Diharapkan setiap Tahun dapat menciptakan karya-karya inovatif dari putra daerah, dan kreasi pembangunan. Sekaligus menjadi daya tarik untuk pengembangan promosi wisata Kota Banjar.

“Kami mengajak masyarakat, TNI, Polri dan stakeholder lainnya mari melaksanakan pembangunan di Kota Banjar, supaya Kota Banjar makin Berseri, dan Makin Maju,” pungkasnya. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini