PMDI Dialog dengan Plt Bupati Langkat, Umat Memerlukan ‘Aplikasi Dakwah’ yang Aksesable

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Saat ini umat sangat memerlukan aplikasi dakwah yang aksesable. Demikian salah satu isu penting yang mengemukan dalam dialog pengurus Perhimpunan Masyarakat Dakwah Indonesia (PMDI) dengan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH di rumah dinas Bupati Langkat, Selasa (19/9/2023).

Ketua PMDI, Prof Dr Syahrin Harahap MA menyampaikan hasil kajian dan penelitian PMDI bahwa dakwah Islam kini menghadapi sejumlah tantangan. Diantaranya, pertama, mapig dakwah yang balum akurat hingga para agamawan dan ulama sulit menetapkan starting point gagasan dan usaha mereka.

Kedua, lembaga-lembaga dakwah yang ada masih berkutat dengan urusan domestik mereka yang menyebabkan dakwah tidak dapat dikembangkan secara sistematis dan terencana.

Ketiga, semakin menurunnya prekuensi perayaan Hari-Hari Besar Islam menyebabkan semakin sedikitnya kesempatan para ulama, ustaz, dan da’i/da’iyah bertatap muka dengan umat.

Keempat, para remaja dan kaum millenial semakin banayak yang bersikap pragmatis sehingga organisasi dan kesatuan-kesatuan kaum millenial menjadi melemah dan mereka sering lebih individualistik. Yang disebut terakhir semakin kentara karena supremasi media sosial menyebabkan seakan sebagian kaum millenial merasa tidak terlalu urgen bertemu ustaz dan da’i.

Perlu Aplikasi Dakwah yang Aksesable

Menanggapi hasil kajian tersebut Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Langkat menyambut baik seluruh kegiatan yang telah, tengah, dan akan dilaksanakan PMDI karena upaya-upaya itu sangat membantu
pemerintah membangun daerah dan sumber daya insani.

Sehubungan dengan itu Plt Bupati Langkat, yang juga sebagai salah seorang Pembina PMDI mengharapkan agar PMDI menyediakan aplikasi dakwah yang dapat diakses umat dari seluruh level, baik di kota maupun di desa.

“Pemerintah Kabupaten Langkat bersedia bekerja sama dengan PMDI untuk mewujudkannya,” kata H Syah Afandin.

Dijelaskan Afandin, karena saat ini masyarakat, termasuk masyarakat beragama, menjadi super sibuk. Oleh karenanya, mereka ingin memperoleh informasi dan keilmuan Islam dari aplikasi dakwah yang aksesable itu.

Dalam silaturrahim itu Prof Syahrin Harahap didampingi Dr H Wirman Lumban Tobing Seketaris Umum PMDI, Dr H Sorimonang Rangkuty MA, Sekretaris Dewan Pakar, Ketua PMDI Langkat, H. Selamat Edi A MA dan Sekretaris Umum, Dr H Hadi Widodo MA, Bendahara Yusmaniar SPd dan Wakil Bendahara, Rosma Rauda SPdI serta Sudarman S. Pd. I dari Bidang Ekonomi dan pemberdayaan umat.

Sementara Bupati Langkat didampingi oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah kabupaten Langkat.

PMDI Dialog dengan Plt Bupati Langkat
Prof Syahrin Harahap menyerahkan buku kepada Plt Bupati Langkat H Syah Afandin (Foto: Humas PMDI)

Di akhir pertemuan Prof. Syahrin Harahap MA menyerahkan dua buku karyanya kepada Bupati Langkat serta mendo’aka agar Plt Bupati lebih sukses di masa yang akan datang. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini