Harlah NU ke-96 Lakukan Ziarah Kubur, ISNU Langkat : Semoga Dapat Menambah Militansi dalam Berorganisasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Tradisi ziarah kubur merupakan tradisi NU yang diperintahkan oleh Nabi-Nabi banyak fungsi yang bisa kita dapatkan saat ziarah kubur. Mengingatkan bahwa hidup ini tidak abadi, menemukan kesadaran untuk beramal ibadah sebagai bekal di akhirat serta mendapatkan ketenangan hati saat bertakhmid, berdzikir, bertahlil, dan berdo’a.

Sebagai organisasi kader NU khususnya Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Langkat punya amanat kultural untuk menjaga dan merawat tradisi NU termasuk ziarah dan tahlil di makam-makam para leluhur.

PC ISNU Kabupaten Langkat mendampingi Ayahanda Tanfhidziyah PC NU Kabupaten Langkat juga Banom-banom NU Langkat yakni GP Ansor Langkat melaksanakan ziarah kebeberapa makam para leluhur pendiri dan pendahulu NU Langkat dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) NU ke-96 Tahun.

Pertama kepusaran ketua Tanfhidziyah PC NU Langkat-Binjai Pertama dan Rois Syuriah NU Sumatera Timur saat itu dan kini menjadi Sumatera Utara yakni makam Allahyarham Tuan Syeikh Haji Abdullah Afifuddin di Komplek Kampus STAI JM Tanjung Pura dilanjutkan ke Makam kami ziarah ke makam Almarhum Khalifah Haji Usman Tambusai yang juga pernah menjabat sebagai Ketua PC NU Kabupaten Langkat.

Hal demikian disampaikan Dhevan Efendi Rao, SH., S.Pd yang sering disapa dengan Buya Dhev selaku Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat saat melakukan ziarah bersama, Senin (31/1/2022).

Harlah NU ke-96 Lakukan Ziarah Kubur
Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Dhevan Efendi Rao, SH., S.Pd menaburkan bunga ke makam (Foto: istimewa)

Menurut Buya Dhev, tradisi ini menjadi rutinitas kami setiap tahun. Pesertanya semua anggota keluarga besar NU Langkat.

“Ziarah ini menjadi program yang sudah direncanakan pada Rakercab ISNU Kabupaten Langkat Oktober 2021. Alhamdulillah, semua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ziarah ini. Melalui doa dan tahlil dalam ziarah tersebut semoga dapat menambah militansi dalam berorganisasi,” tambah Buya Dhev.

Sekretaris Tanfhidziyah PC NU Kabupaten Langkat selaku Wanhat PC ISNU Kabupaten Langkat Zulkifli Ij Lubis, S.H menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap gerakan tradisi ziarah.

“Sebagai generasi muda NU sangat penting dibekali dengan ritual ruhani, salah satunya dengan ziarah kubur. Tradisi ini harus kita pertahankan sampai kapanpun. Amanat sebagai orang NU adalah merawat dan menjaga tradisi para Ulama An-Nahdliyin. Dengan ziarah kubur akan banyak memetik hikmahnya serta mengambil pelajaran yang berharga,” tuturnya.

Dijelaskannya, tradisi ziarah merupakan gerakan penguatan aqidah Ahlussunah Wal jamaah. Hal tersebut karena menjadi tradisi para pemduhulu dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad dalam hadisnya.

“Semoga dengan berziarah dan berwashikah akan mendapatkan keberkahan, dan diharapkan unsur Pengurus Cabang NU Langkat tetap satu barisan bersatu dalam kekuatan bersama memperkuat ukhuwah islamiah, ukhuwah wathoniyah, ukhuwah insaniyah, ukhuwah batiniyah, jangan ada perpecahan dalam tubuh organisasi ini,” ucap Sekretaris Tanfhidziyah PC NU Kabupaten Langkat Zulkifli Ij Lubis.

Pada kesempatan itu, Khatib Syuriah NU Langkat Mhd. Ikbal, S.Sos menyampaikan setelah kegiatan ziarah kubur kepusara makam pendiri NU dipagi hari ini, Insya Allah dilanjutkan kegiatan istighosah malam nanti bertempat Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat.

Ketua Tanfhidziyah PC NU Kabupaten Langkat H. Mohd Khalid, S.Ag., M.A mengatakan melalui komitmen, belajar, berjuang dan bertaqwa dengan berziarah kita bisa belajar tentang kehidupan.

“Melalui ziarah kita berjuang menguatkan tradisi NU. Dengan berziarah kita semakin bertaqwa dengan mendekatkan diri kepada sang Pencipta dalam beribadah,” tegasnya.

Kegiatan Ziarah kubur kepusara makam pendiri NU hari ini dihadiri oleh Unsur Wakil Ketua PC NU Kabupaten Langkat Khairizal Zainudin, S.Sos, T.M.Rieza, M.Pd dan Kasi Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Langkat Suparliadi, S.Ag., M.Si sebagai Wakil Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat dan Kasi Wakab Zakat Kemenag Kabupaten Langkat H. Mashudi, S.Sos., M.AP sebagai Bendahara PC ISNU Kabupaten Langkat.

Selain itu, turut hadir bersama Banom-banom NU yakni PC ISNU Kabupaten Langkat Rika Purwanti, Irham dan PC GP Ansor Kabupaten Langkat Adinda Syafawi dkk dan Ketua IPNU Langkat Imran Lubis S.Sos.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini