Camp Literasi, Ruang Literasi Sumatera, untuk Peradaban Pemuda Lebih Baik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Ruang Literasi Sumatera Utara mengadakan Camp Literasi yang dilakukan pada hari Sabtu – Minggu pada tanggal 2-3 Oktober 2021 di Puncak Adem, Desa Telagah, Dusun Pamah Simelir, Kabupaten Langkat, Camp Literasi ini sekaligus Open Recruitment anggota baru bagi Ruang Literasi Sumatera Utara (Sumut).

Camp Literasi yang dilakukan perdana ini oleh Ruang Literasi mengangkat tema Literacy, Inspiration for a Great Civilization.

Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang peserta dengan latar kampus yang berbeda, baik dari kampus di Sumatera Utara maupun Pulau Jawa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat literasi atau membaca bagi mahasiswa. Berbagai kegiatan dilakukan pada Camp Literasi ini, baik diskusi, debat ilmiah, bedah buku, games, ice breaking, melatif soft skils peserta dan menganalisis problematika literasi di negeri ini dengan melakukan agenda Focus Group Discussion (FGD).

“Mahasiswa saat ini sangat sulit untuk mau membaca, hingga kami dari Ruang Literasi berniat untuk membuat suatu kegiatan open recruitment dengan sesuatu yang baru, maka Camp Literasi adalah kegiatan yang kami gagas untuk menambah semangat mahasiswa untuk membaca,” kata Januari Riki Efendi, S.Sos sebagai Founder Ruang Literasi dan penggagas Camp Literasi ini kepada mudanews.com, Selasa (5/6/2021).

Beliau juga menjelaskan Ruang Literasi adalah wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk menambah wawasan, menjadi seorang yang intelektual, menumbuhkan kepercayaan diri untuk bicara di hadapan khalayak, meningkatkan semangat sosial bagi sesama dalam bidang literasi. “Tentu Ruang Literasi akan terus menjadi garda terdepan untuk menyelamatkan indeks literasi di tengah-tengah mahasiswa ataupun pemuda,” ujarnya.

Camp Literasi
Camp Literasi

Para peserta Camp Literasi mengaku sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka merasa dengan mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan baru, mampu melatih diri untuk mau tampil di depan umum, serta menjadikan mereka lebih semangat untuk mau membaca setelah selesai mengikuti Camp Literasi kali ini.

Ketua Fasilitator Ruang Literasi Sumut, Ahmad Muliadi Matondang juga mengatakan kegiatan Camp Literasi ini digagas untuk mahasiswa agar sadar bahwa diri mereka adalah agent of change, maka jika mereka tidak mau merubah diri mereka untuk mau membaca maka mereka tidak akan mampu merubah apapun.

Camp Literasi ini akan dilakukan selama 6 bulan sekali sekaligus untuk open recruitment bagi mahasiswa yang ingin bergabung di wadah ini. Pada Camp Literasi kali ini, Sarah Dina seorang Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) menjadi peserta terbaik.

Ruang literasi memiliki Tagline yaitu Literasi Untuk Peradaban. Tujuan memperbaiki peradaban keilmuan pada diri mahasiswa dan pemuda adalah tujuan utama bagi Ruang Literasi. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini