Yayasan Perguruan AL Ittihadiyah, Peletakan Batu Pertama Bangunan Gedung Baru

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pengembangan madrasah sebagai sub sistem pendidikan nasional merupakann benteng pendidikan karakter anak bangsa, bersamaan dengan pesantren, sekolah agama Islam dan pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah.

Hal demikian disampaikan Prof. Dr. H. Syafaruddin, MPd, Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Al Ittihadiyah Sumatera Utara dalam acara peletakan batu pertama penambahan gedung Madrasah Yayasan Perguruan Al Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan, pada kamis (29/7/2021) di komplek madrasah tersebut.

“Anak-anak yang mengikuti program pendidikan Islam di madrasah, baik RA, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah diharapkan pribadinya berkembang secara integral dengan kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan social untuk meraih kualitas menjadi generasi sholeh yang kuat mejaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia baik rongrongan dari dalam maupun ancaman dari luar,” tambahnya.

Pada acara yang sama, H. Hidayatullah, SE, anggota DPR dari Fraksi PKS dalam sambutannya menambahkan bahwa kontribusi Al Ittihadiyah sebagai Ormas Islam, sangat strategis dalam mencerdaskan anak bangsa, karena sudah lebih dahulu melakukan gerakan pencerdasan bangsa melalui pengembangan lembaga pendidikan madrasah yang dilakukan sebelum Indonesia merdeka.

“Peran serta strategis Al Itttihadiyah sudah turut mempersiapkan jauh hari pengembangan sumberdaya bangsa menuju kemerdekaan sampai kini,” ujarnya.

Yayasan Perguruan AL Ittihadiyah
Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Al Ittihadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Syafaruddin, MPd, anggota DPR dari Fraksi PKS, H. Hidayatullah, SE, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Medan, Dr. H. Impun Siregar, MA, dan Ketua Yayasan Perguruan Al Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan H. Irham Kasmir.SH, S.PN bersama tamu undangan (dok istimewa)

Kepala Kantor Kementerian Agama kota Medan, Dr. H. Impun Siregar, MA, menjelaskan merasa yakin baha penambahan gedung baru madrasah Al Ittihadiyah Pangkalan Masyhur dapat diselesaikan sesuai rencana, sehingga akan dapat membantu pemenuhan standar sarana prasarana pembeajaran siswa Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Al Ittihadiyah yang jumahnya menvapai lebih kurang 1.300 siswa pada tahun pelajaran 2020/2021.

“Itu berarti Ormas Al Ittihadiyah sudah membantu tugas Kementerian Agama dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah yang juga sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Yayasan Perguruan Al Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan H. Irham Kasmir SH, S.PN mengharapkan dukungan masyarakat Islam, dan warga AL Itihadiyah untuk kelancaran penambahan gedung baru madrasah Al Ittihadiyah ini supaya selesai lebih cepat.

H Pamonoran, MPdI, selaku kepala madrasah dan ketua panitia merasa yakin gedung dapat selesai pada tahun ini, karena sudah ada dana awal dukungan pembiayaan dari Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara dan BNI 46.

“Insya Allah menjadi fasilitas yang memudahkan anak-anak dalam pembelajaran dan kegiatan kesiswaan lainnya,” tuturnya.

Acara ini juga dihadiri unsur MUI Kota Medan, DPRD, para pengawas madrasah, tokoh masyarakat dan pemerintahan setempat. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini