Pemuda Sebagai Manifestasi Sebuah Negara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Pemuda adalah manifestasi berharga bagi sebuah negara. Pemuda diharapkan dapat membuat perubahan dan memberikan gagasan untuk kemajuan suatu bangsa, seperti kata Ir, Soekarno “Berikan aku 10 pemuda maka akan aku goncangan dunia”.

Sejarah mencatat pemuda mempunyai peran yang sangat penting bagi negara kita dalam kemajuan bangsa, hal ini dibuktikan dengan beberapa contoh seperti peristiwa sumpah pemuda dan peristiwa 1998. Sebagai seseorang yang mengenyam pendidikan tinggi, mahasiswa haruslah mampu manjadi agen perubahan, perubahan yang bisa di mulai dengan diri kalian sendiri.

Dengan menjadi pribadi yang peka terhadap ketimpangan-ketimpangan di sekitar kalian, membantu sesama sahabat yang membutuhkan dan tidak menjadi pribadi yang individualis. Ini adalah awal langkah kalian sebelum kalian menjadi penerus bangsa dan memberi perubahan di setiap sektor negeri ini demi kemajuan negeri.

Seiring berjalannya waktu, pemuda masa kini juga harus menjadi garda terdepan menjadi penerus perjuangan bangsa Indonesia yang telah dimulai oleh para pendahulu kita. Perjuangan yang dilakukan saat ini sudah barang tentu memiliki arti yang lebih luas. Pada zaman dahulu, pemuda berjuang melawan penjajah, dan saat ini pemuda berjuang melawan kemiskinan, kebodohan, dan ketidakadilan. Pemuda sebagai agen of change yang berarti pemuda memiliki peran dan tugas penting bagi pengadaan perubahan-perubahan positif bagi masyarakat bangsa dan negara.

Pemuda haruslah memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme, semangat tinggi, dan juga berjiwa kepemimpinan yang sudah harus kita tanamkan dalam dari kita. Walaupun Indonesia sudah merdeka, bukan berarti kita selaku generasi muda tidak memiliki tanggung jawab. Justru sebagai generasi muda banyak hal yang bisa kita lakukan. Ini menekankan, bahwa pemuda merupakan penggerak perubahan yang harus memiliki karakter pantang menyerah, rela berkorban, teguh dalam prinsip dan giat dalam berkomunikasi. Ini adalah sebagai motivasi bagi kita dalam fase kehidupan saat ini.

Dimas menyampaikan bahwasanya kita sebagai pemuda dan mahasiswa harus bisa berkontribusi lebih untuk bangsa dan negara. Agar apa yang di cita-citakan bangsa dan negara ini harus bisa diwujudkan untuk menjadi negara yang sejahtera dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tutup Dimas

Penulis: Dimas Anjasmara (Kabid PTKP HMI Komisariat Tarbiyah UIN-SU Medan Periode 2019-2020)

- Advertisement -

Berita Terkini