Peringati 1 Muharram 1445 H, Ratusan Masyarakat Nagari Tanjung Gadang Gelar Pawai Obor Sambil Kumandangkan Salawat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Ratusan masyarakat Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung mengikuti pawai obor untuk merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah pada Selasa malam, 18 Juli 2023.

Pelaksanaan pawai obor yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat dari anak muda hingga orangtua itu dimulai dari depan Kantor Wali Nagari Tanjung Gadang dan lanjut dijalan raya.

Selama diperjalanan, peserta pawai obor tersebut terus mengumandangkan salawat sambil membawa obor, sehingga suasana pelaksanaan pawai yang merupakan tradisi umat muslim ini terasa begitu ramai dan meriah.

“Pesertanya kurang lebih 300 orang, yakni dari TPQ/TPSQ yang ada di Nagari Tanjung Gadang serta tokoh masyarakat dan dibantu juga oleh anak KKN dari Unand,” ujar Wali Nagari Tanjung Gadang, Prima Randu.

Pawai obor tersebut, kata dia, mengambil rute dari Jorong Pasar – Jorong Koto Ranah – Depan Polsek Tanjung Gadang lanjut ke Jorong Ranah terakhir di Masjid Taqwa.

Dalam pawai obor ini pihaknya, sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk pengamanan dan melakukan pengaturan arus lalu lintas agar tidak sampai mengganggu perjalanan pengendara yang melintas

Dengan pawai obor itu, Randu berharap masyarakat bisa lebih agamis lagi, lebih mengerti makna Islam dan semua masyarakat di wilayahnya bisa lebih kompak lagi dalam bermasyarakat.

“Tadi peserta juga memakai pakaian agamis. Itu maknanya untuk mengingatkan kita bahwasannya hidup tidak akan selamanya,” ucapnya.

Kemudian, para peserta juga mendengarkan tausiah agama dari ustadz Megi Apriadi Tengku Malin Kayo. (Dicko)

- Advertisement -

Berita Terkini