Pemuda Nagari TBA Selatan Gali Potensi Wisata di Nagari

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Pemuda Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan didampingi oleh BP Geopark Silokek dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung melakukan ekspedisi penggalian potensi Wisata pada Kamis (04/08/2022).

“Ini merupakan bentuk dukungan kami kepada Pemuda Nagari TBA Selatan, karena kami melihat semangat pemuda dan pokdarwis di TBA Selatan sangat luar biasa,” kata Kepala Dinas Parpora Sijunjung, Bapak Afrinaldi di sela-sela kunjungannya di Nagari TBA Selatan.

Katanya, potensi destinasi wisata yang di survey oleh BP Geopark dan dinas Parpora Sijunjung adalah Ngalau Batu Pocah, yang berada di Jorong Aur Seriau, Nagari TBA Selatan.

Pemuda Nagari TBA Selatan
Kadis Parpora Sijunjung, Afrinaldi (kiri).

“Kami sudah banyak berkunjung ke nagari-nagari yang berada di Kabupaten Sijunjung, tapi di Nagari TBA Selatan pertama kalinya kami melihat animo yang sangat luar biasa dari Pemudanya. Lebih kurang ada 40 orang pemuda yang terlibat ke lapangan kali ini,” sambung Kepala Dinas Parpora Sijunjung tersebut.

Kordinator Divisi Pariwisata Karang Taruna (KT) Tunas Muda Monumen Nagari TBA Selatan, Andes mengatakan titik kumpul ekspedisi tersebut berada di kantor Wali Nagari TBA Selatan. “Pukul 10.00 WIB kami mulai kegiatan ini, kami membagi tim survey menjadi dua tim. Tim satu bertugas mendampingi Dinas Parpora dan BP Geopark, menjelaskan tentang potensi destinasi wisata Batu Pocah. Sementara tim dua bertugas untuk menyiapkan perlengkapan dan konsumsi. Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan sesuai dengan apa yang kami rencanakan. Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama dan diskusi tentang kepariwisataan,” ujarnya.

Pemuda Nagari TBA Selatan
Pemuda Nagari TBA Selatan Gali Potensi Wisata di Nagari.

BP Geopark Silokek yang diwakili oleh Ridwan melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi yang ada di Batu Pocah, beliau didampingi langsung oleh Koordiv Pariwisata KT Tunas Muda Monumen.

“Potensi Batu Pocah ini sangat luar biasa. Cocok untuk Healthy Tourism, karena hutan yang masih asri ditambah dengan ngalau yang di dalamnya ada aliran sungai, adalah anugerah tersendiri bagi nagari TBA Selatan. Tinggal bagaimana kita mengemas dan memasarkannya,” terang Ridwan.

Iqbal Musa, Ketua Karang Taruna Tunas Muda Monumen pada kesempatan tersebut mengatakan ekspedisi tersebut merupakan langkah awal. “Mudah-mudahan semangat ini terus tejaga. Kita harus mengapresiasi kerja-kerja positif ini. Kita juga mempunyai potensi, namun belum tergali secara maksimal,” katanya.

Pemuda Nagari TBA Selatan Gali Potensi Wisata di Nagari
Pemuda Nagari TBA Selatan Gali Potensi Wisata di Nagari

“Langkah awal sudah baik, tinggal bagaimana kita sama-sama berkomitmen untuk mengemas potensi ini menjadi destinasi yang mempunyai nilai lebih. Dan memang keadaan alamnya sangat luar biasa,” sambung Iqbal.

Kegiatan ditutup dengan diskusi di Kantor Wali Nagari TBA Selatan. (Agha)

- Advertisement -

Berita Terkini