ISNU Langkat, Siap Bermitra dengan Ponpes

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan wirausaha industri baru. Salah satunya dengan menerapkan program Santri Berindustri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Kemenperin menyasar pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Indonesia.

BSPSU (Badan Silaturahmi Pondok Pesantren Sumatera Utara) Kabupaten Langkat berkunjung ke kantor PC ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Kabupaten Langkat tepatnya di Gedung Peradi Centre Sekretariat Bersama di Jalan Proklamasi Depan Mapolres Langkat disamping Delima Cafe dan disambut dengan hangat oleh Ketua Pimpinan Cabang ISNU Langkat Dhevan Efendi Rao SH SPd yang sering disapa dengan Buya Dhev, Jumat (4/2/2022).

Kunjungan PD BSPSU Kabupaten Langkat di Kantor PC ISNU Kabupaten Langkat yang dipimpin oleh Al Ustaz Rajali sebagai Sekretaris PD BSPSU Kabupaten Langkat dan Wakil Sekretaris Al Ustaz Kyai Abdul Kadir Munir SSosI SPd bersama Pengurus Daerah BSPSU Kabupaten Langkat.

Adapun silaturahmi bersama ini adalah bentuk keseriusan untuk lebih matang baik dan gemilang menyosong hari santri di bulan Oktober 2022 nantinya. Selain bersilaturahmi bersama ini PC ISNU Kabupaten Langkat menyampaikan salam takzim selalu kepada Ketua PD BSPSU Kabupaten Langkat Ustaz Didi Gunawan dan seluruh pimpinan pondok pesantren yang diberada wilayah teritorial Kementerian Agama kabupaten Langkat.

“Salam Takzim terkhusus Kakan Kemenag Kabupaten Langkat H. Zulfan Efendi SAg MSi dan Kasi Pontren Kemenag Kabupaten Langkat H. Supraliadi SAg MA, PC ISNU Kabupaten Langkat siap bermitra dengan PD BSPSU Kabupaten Langkat dalam mensukseskan program dan harapan mewujudkan cita-cita dan impian setiap santri dan santriwati harus dibekali SKIL Individual Seni dan Keterampilan serta jiwa muda entrepreneur belajar mengenal lebih dekat berwirausaha dan menjadikan pengusaha melinial dalam menuju pasar era globalisasi kedepannya,” kata Buya Dhev.

Lebih lanjutnya, PC ISNU Kabupaten Langkat juga siap mengantarkan pondok pesantren untuk berkerja sama dengan DPD KOPITU (Dewan Pengurus Daerah Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu) Kabupaten Langkat yang dipimpin ketua DPD KOPITU Kabupaten Langkat H. Khairul Anwar ST MM melalui KOPITU Kabupaten Langkat menjadi sarana pelatihan kaderisasi muda untuk menjadi pengusaha milenial. Demi mewujudkan pesantren yang memiliki ekonomi yang kuat, dapat dimulai dari keterampilan santri dalam berwirausaha.

PC ISNU Kabupaten Langkat bersama DPD KOPITU Kabupaten Langkat siap menjadi Trainer Personal Development dan Leadership. “Akan mengusahakannya dengan melakukan roadshow ke berbagai pesantren di wilayah Teritorial Kemenag Kabupaten Langkat siap bertemu dengan kiyai memohon izin memberikan penguatan jati diri seorang santri yang siap menjadi entrepreneur muda, ingin membangun jiwa bisnis pada diri para santri,” ucap Buya Dhev.

Ustaz Kyai Abdul Kadir Munir SSosI SPd mengutarakan pada awalnya, bagi santri yang sudah tampak berniat bisnis yang diharapkan adanya diberikan modal usaha. Sebelumnya, diberi materi bisnis, mereka belajar enam bulan tentang Alquran dan sisanya baru diajari bisnis. Sebab internalisasi nilai-nilai agama harus selalu jadi dasar utama sebelum menjadi pebisnis pemula.

Berkaca pada langkahnya, Ustadz H Salam Syahputra MPd Pimpinan Ponpes Nurul Iman Kecamatan Kuala, mengimbau agar para pengurus pesantren bisa menghadirkan para pengusaha inspiratif melalui ISNU dan KOPITU Kabupaten Langkat untuk berbagi ilmu dengan para santri.

“Agar santri mengetahui betapa mudahnya berbisnis dan sukses, bahwa bisnis tidak membuthkan modal banyak, hanya perlu “Enter”, dimulai saja, bukan “entar”. Misalnya entar takut bangkrut, takut gagal atau takut ditipu orang,” tuturnya.

Kunjungan PD BSPSU Kabupaten Langkat dihadiri oleh Kyai Abdul Kader Munir SSosI, SPd Pimpinan Pondok Shuffah Hizbullah Al Fatah Cabang Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Ustaz Darwis Siagian SPd Pimpinan Pondok Al Habib Pangkalan Brandan, Ustaz Zainal Uje Pimpinan Pondok Jabal Rahmah Stabat, Ustaz H. Salam Syahputra MPd Pimpinan Pondok Nurul Iman Kwala, Ustaz Didi Gunawan MA Pimpinan Pondok Darussalam Selesai, Ustaz Wahyu SPd Pimpinan Pondok Ibadurahman Stabat.

Sedangkan dari PC ISNU Kabupaten Langkat yang menyambut kedatangan PD BSPSU Kabupaten Langkat yakni Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Dhevan Efendi Rao, Unsur Wakil Ketua Mohd. Rizal SAg, Unsur Wakil Sekretaris PC ISNU Kabupaten Langkat Imran Lubis SSos, dan Unsur Dewan Penasehat PC ISNU Kabupaten Langkat Mas Somiran Noel SM. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini