Gotong Royong Membersihkan Situs Makam Datuk Laksamana

Gotong Royong Membersihkan Situs Makam Datuk Laksamana
Gotong Royong Membersihkan Situs Makam Datuk Laksamana

MUDANEWS.COM, Langkat – Langkat Heritage Institute (LHI) mengadakan gotong royong membersihkan dan menata kembali situs Komplek Makam Datuk Muhammad Basyir bergelar Datuk Laksamana Setia Raja Negeri Langkat yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Gg Es, Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara, Minggu (13/12/2020).

Kegiatan ini diprakarsai oleh LHI bekerjasama dengan zuriyat dan masyarakat setempat.

“Datuk Laksamana, Muhammad Basyir adalah pembesar dan panglima perang Kerajaan Langkat pada masa Sultan Musa. Beliau adalah putra dari Datuk Rahmat (Bandarrahmat) bergelar Syahbandar Putra Raja Negeri Deli yang berasal dari Bogak, Batu Bara,” jelas salah seorang warga yang ikut bergotong royong.

Datuk Bandarrahmat merupakan raja Bedagai yang menyerahkan negeri Bedagai kepada Sultan Osman Deli sebagai mas kawin atas lamarannya kepada Tengku Raja Siti, putri Raja Asahan. Kelak dari perkawinan antara Sultan Osman Deli dengan Tengku Raja Siti lahirlah Tengku Haji Ismail Sulung Laut yang menjadi Raja Negeri Bedagai.

“Datuk Muhammad Basyir (Datuk Laksamana) kemudian diajak Sultan Musa tinggal menetap di Langkat, wafat di Tanjung Pura pada tanggal 31 Januari 1875. Ia memiliki keturunan yang tersebar mulai dari Bedagai sampai ke Langkat serta Malaysia,” jelasnya.

Diantara keturunan Datuk Muhammad Basyir yang cukup terkenal adalah Prof Dr Hj Mariam Darus SH Guru Besar Ilmu Hukum Perdata USU, dan Rohani Darus mantan Walikota Tebing Tinggi, juga Asrin Naim mantan pejabat Bupati Labura dan Sekda Kabupaten Deli Serdang serta intelektual Melayu abah Shafwan Hadi Umry. (red)