Menuju Kabupaten Layak Anak, Suara Anak Langkat 2020 Sampaikan Aspirasinya

Menuju Kabupaten Layak Anak, Suara Anak Langkat 2020 Sampaikan Aspirasinya
Sekda Kabupaten Langkat dr. Indra Salahudin, Kepala Bappeda Langkat Sujarno dan Muhammad Nur Fadillah

MUDANEWS.COM, Langkat – Prihatin dengan persoalan anak di Langkat yang masih banyak pekerjaan rumah Pemkab Langkat yang perlu diselesaikan, Forum Anak Langkat 2020 yang diwakili oleh Muhammad Nur Fadillah (17 tahun) yang berdomisili di desa Suka Damai Timur Kecamatan Hinai diundang secara perdana ke Pemkab Langkat serta diberikan ruang untuk menyuarakan suara anak langkat.

Hal ini merupakan prestasi bagi Pemkab Langkat telah memberikan kesempatan bagi Suara Anak Langkat menyampaikan secara khusus tentang permasalaham anak dalam Musrenbang yang dilaksanalan tahun ini.

Dalam hal tersebut Fadillah menyampaikan nota dokumen Suara Anak Langkat tahun 2020 kepada Pemkab Langkat melalui kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat tahun 2021 di ruang pola Pemkab Langkat.

Nota dokumen suara anak Langkat diterima oleh Bupati Langkat dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kabupaten Langkat dr. Indra Salahudin yang didampingi oleh Kepala Bappeda Pemkab Langkat pada Rabu (18/03/2020).

Dalam nota dokumen Suara Anak Langkat 2020 tersebut berisi 10 poin permohonan kepada Pemkab Langkat terkait tentang pemerataan pendidikan di daerah terpencil di kabupaten Langkat, pembenahan gizi buruk pada anak, optimalisasi identitas anak dan akta kelahiran, menolak berita hoax yang mempengaruhi perkembangan anak, memberantas pergaulan bebas, memperhatikan anak berkebutuhan khusus.

Selain itu, Suara Anak Langkat mendukung program Pemkab Langkat dalam pengembangan desa layak anak, mendukung kawasan bebas asap rokok di sekolah, melaksanakan pelatihan keluarga dan kewirausahaan, serta membentuk forum anak di tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan. Berita Langkat, Gus