GP Ansor Sumatera Utara, Lawan Corona dan Dukung Social Distancing

GP Ansor Sumatera Utara, Lawan Corona dan Dukung Social Distancing
Arjuna (Wakil Sekretaris PW GP Ansor Provinsi Sumatera Utara)

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Akhir-akhir ini dunia digemparkan oleh wabah virus corona, termasuk Indonesia. Menurut sumber resmi pandemi koronavirus 2019–2020 atau dikenal sebagai pandemi COVID-19 adalah peristiwa pandemi penyakit koronavirus 2019 (coronavirus disease 2019, disingkat COVID-19).

Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2. COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019 setelah beberapa orang mengalami pneumonia tanpa sebab yang jelas dan prosedur perawatan dan vaksin yang diberikan ternyata tidak efektif.

Sumber id.wikipedia.org per hari ini 18 Maret 2020, minimum 198.426 kasus telah terkonfirmasi, 80.894 di antaranya terjadi di daratan Tiongkok. Jumlah penderita yang meninggal mencapai 7.987. Kasus kematian terbesar di luar Tiongkok terjadi di Iran, Italia dan Korea Selatan. Wabah ini telah dinyatakan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 30 Januari 2020.

Sebagai antisipasi atas merebaknya virus korona yang bisa menjalar ke Indonesia, Pemerintah Indonesia melakukan berbagai cara untuk mencegah virus tersebut ke Indonesia, salah satunya adalah dengan membentuk 100 rumah sakit rujukan yang langsung berada di bawah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Beberapa rumah sakit di Sumatera Utara yang menjadi rujukan, yaitu RSUP H Adam Malik, Medan, RSUD Kabanjahe, RSUD Dr Djasamen Saragih, Pematang Siantar, RSUD Tarutung, Tapanuli Utara, RSUD Kota Padang Sidempuan.

Menyikapi wabah Virus Corona, Arjuna (Wakil Sekretaris PW GP Ansor Sumatera Utara) yang berada di Pematangsiantar, mengajak seluruh kader GP Ansor dan Banser Sumatera Utara khususnya PC GP Ansor Kota Pematangsiantar dan jajaranya mendukung pemerintah mencegah dan mengurangi penyebarannya melalui “Social Distancing”.

“Tidak ada kata lain, #AnsorLawanCorona dengan berpartisipasi dan terlibat aktif ikut mencegah dan mengurangi penyebarannya melalui Sosial Distancing, tetap tenang & waspada, jaga kesehatan, membantu memberikan pemahaman tentang covid-19, dan jangan lupa berdoa. Laksanakan Intruksi PP GP Ansor,” tandas Arjuna.

Arjuna menambahkan bahwa beberapa hari yang lalu melalui Ketua PW GP Ansor Sumut, H. Adlin Umar Yusri Tambunan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting GP Ansor se Sumut telah menerima Surat Intruksi dari Pimpinan Pusat GP Ansor perihal Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19), yaitu: Menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang, Menjaga kesehatan dan menjaga jarak sosial (sosial distancing), Memantau perkembangan Covid-19 dari sumber resmi dan membantu mensosialisasikan prosedur pencegahan penularan virus corona, Mengadakan kegiatan penyemprotan desinfektan, dan berdoa kepada Allah SWT. Berita Pematangsiantar, red