Kementerian Agama, Himbau Kaum Mulimin Shalat Gerhana Matahari

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia menghimbau kepada kaum muslimin di seluruh wilayah Indonesia Shalat Gerhana Matahari (Shalat Kusuf).

Hal tersebut, kata Tarmizi (Plh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI) berdasarkan data astronomis bahwa pada hari Kamis tanggal 26 Desember 2019 M bertepatan tanggal 29 Rabi’ul Akhir 1441 H mulai pukul 10.34 WIB di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Sebahagian.

Tarmizi menambahkan, seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Matahari ini. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.17 WIB, dan akhir gerhana pukul 14.00 WIB.

“Melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan shalat gerhana,” himbau dia, Press Release yang diterima MUDANEWS.COM.

Kemudian, dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Disamping itu, kami menghimbau agar umat Islam berdo’a untuk keselamatan bangsa dan negara,” kata Tarmizi.

Terpisah, saat dihubungi MUDANEWS.COM, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat Drs H Rusli Umar Lubis melalui Sekretaris Muhammad Rizki SPdI mengimbau kaum mulimin dan muslimat untuk mengajak Sanak Saudara dan jamaah di lingkungannya masing-masing datang ke Masjid  Subulussalam Sawit Seberang melaksanakan Shalat Kusuf pukul 10.00 WIB, Kamis (26/12). Berita Jakarta, red

- Advertisement -

Berita Terkini