Peringati Harlah Ke-99, NU Kabupaten Batubara, Laksanakan Istqhosah dan Ziarah di Makam Ulama Serta Santunan Anak Yatim

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Peringati Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) menjadi momentum tersendiri bagi segenap pengurus di tingkatan wilayah hingga cabang seluruh Indonesia, tak terkecuali Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batubara.

Diketahui, di tahun 2022 ini NU merayakan Harlah yang ke-96, dalam hitungan kalender masehi. Sedangkan dalam kalender hijriyah, bertepatan dengan tahun 1443 Hijriyah, usia NU sudah menginjak 99 tahun.

PCNU Batubara dalam momentum Harlah NU tahun ini melaksanakan beberapa agenda kegiatan sejak 14 Februari sampai pada punjaknya dilaksanakan pada 22 Februari atau bertepatan dengan Harlah NU pada hitungan masehi.

Salah satu tradisi rutin PCNU Batubara untuk memperingati Harlah NU setiap tahunnya adalah dengan menziarahi makam muassis atau tokoh ulama yang ada di Kabupaten Batubara setempat, pada Selasa (22/02/2022) pagi.

Acara yang dimulai pada hari yang rangkai dengan tim sholawatan kader-kader IPNU, diikuti oleh peserta ziarah dari seluruh jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah di semua tingkatan serta seluruh elemen NU baik Lembaga maupun Banom NU di bawah PCNU Kabupaten Batubara.

Ketua PCNU Batubara Kiyai H. Bakhtiar Mogaza menuturkan bahwa tujuan ziarah makam ulama NU mendoakan serta meneladani kegigihan, kekokohan, dan militansi para pendiri jamiyah.

“Kegigihan, kekokohan, dan militansi para muassis patut kita teladani dalam berkhidmat sehingga terwujudnya Fikrah, Amaliyah, Harakah, dan Ghiroh Nahdliyah,” tegasnya.

Acara tersebut guna mensyukuri nikmat Allah karena NU di usia 99 tahun selalu mendapat berkah, di antaranya tegaknya NKRI, Pancasila serta penyebaran Ajaran Islam yang Tawassuth, Tasamuh, Tawazun, dan I’tidal, di nusantra ini,” ujar Kiyai H. Bakhtiar Mogaza.

Di akhir sambutannya, Ketua PCNU Batubara Kiyai H. Bakhtiar Mogaza juga mengajak untuk menjadikan NU sebagai rumah besar bersama bersama dalam membumikan amaliyah Aswaja di Kabupaten Batubara ini. “Mari jadikan NU sebagai rumah besar kita bersama dalam rangka menyongsong 1 abad usia NU dalam kemandirian jamiyah,” ajaknya.

Hadir dalam kegiatan Harlah NU, yang mewakili Bupati Batubara Ir. H. Zahir M.AP., Asisten 1 Rusian Heri, Kabag Kesra Batubara H. Adnan Haris, MA. Ibunda Muslimat NU, Ketua GP Ansor Batubara, ketua IPNU dan IPPNU Batubara beserta banom-banom NU lainnya dan peserta yang mengikuti perlombaan dalam rangka memeriakan Harlah NU Ke-99.

Acara ditutup dengan doa bersama serta pemotongan tumpeng oleh Tanfisiah bersama Rais Syuriyah dan pengurus PCNU yang lainnya. (Red)

- Advertisement -

Berita Terkini