Jokowi Bersama Ridwan Kamil, Resmikan Terowongan Nanjung

Jokowi Bersama Ridwan Kamil, Resmikan Terowongan Nanjung
Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

MUDANEWS.COM, Bandung – Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Sungai Citarum di Curug Jompong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Dalam akun intagram Jokowi, menuliskan suara gemuruh oleh derasnya air terdengar dari jalan di kawasan hulu Sungai Citarum di Curug Jompong, Kabupaten Bandung, saat saya tiba pagi ini.

Suara gemuruh oleh derasnya air terdengar dari jalan di kawasan hulu Sungai Citarum di Curug Jompong, Kabupaten Bandung, saat saya tiba pagi ini.

Air deras itu mengalir melalui Terowongan Nanjung yang saya resmikan hari ini. Terowongan ini kembar, masing-masing sepanjang 230 dan lebar delapan meter.

Terowongan Nanjung adalah bagian dari infrastruktur pengendali banjir Bandung yang pembangunannya sudah direncanakan sejak lama.

Pembangunan Terowongan Nanjung mempercepat aliran Sungai Citarum ke hilir. Dengan begitu, banjir di Bandung, terutama di daerah Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang, dapat dihindari. Luas genangan banjir di kawasan cekungan Bandung juga berkurang jauh, dari 490 hektare seperti yang terjadi tahun 2016, menjadi 80 hektare saja.

Selain Terowongan Nanjung, infrastruktur pengendali banjir Sungai Citarum lainnya adalah kolam retensi Cieunteung, floodway Cisangkuy, dan Embung Gedebage.