FMD UIN-SU, Pertanyakan Nasib Gedung Mangkrak 6 Lantai

Boby Harahap, Diass Simatupang, Diass Simatupang

MUDANEWS.COM, Medan – Forum Mahasiswa Demokrasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FMD UIN-SU) menyoroti dugaan korupsi Gedung Kuliah Terpadu UINSU,
Rektor UINSU pernah berjanji akan menyelesaikan Gedung 6 Lantai tersebut di Tahun 2019.

Namun, nyatanya sampai saat ini belum ada tanda-tanda untuk ditindak lanjuti dan berkesan hanya sekedar janji belaka untuk menyenangkan hati mahasiswa (janji palsu) dan ditambah kondisi konstruksi bangunan tersebut semakin lama semakin lapuk dan memprihatinkan.

Pembangunan gedung kuliah terpadu dengan pagu anggaran Rp. 45.766.730.079 Milliar. Berdasarkan temuan kami di lapangan gedung tersebut mangkrak. Pembangunan gedung kuliah itu seharusnya selesai di tahun 2018 dan bisa dipergunakan sebagai mana mestinya. Tapi hingga sekarang pembangunan bernilai milliaran rupiah tersebut belum rampung 100 persen.

Ironisnya, dibagian-bagian tertentu gedung yang baru dibangun sudah mengalami kerusakan. Atas permasalahan tersebut Diduga terjadi kesalahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan anggaran yang mengakibatkan kerugian Negara.

FMD UIN-SU, Pertanyakan Nasib Gedung Mangkrak 6 Lantai
Gedung 6 Lantai UIN-SU

Berdasarkan temuan tersebut, meminta kepada penegak hukum baik kepolisian daerah sumatera utara maupun kejaksaan tinggi sumatera utara dan Komisi Pemberantasan Korupsi agar segera mengusut tuntas kasus gedung mangkrak tersebut.

Hal itu diungkapkan Ikbal Mingka yang juga merupakan Gubernur Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UINSU di Medan, Kamis pagi (21/11/2019).

“Kami juga meminta Poldasu dan Kejatisu segera memanggil dan memeriksa Rektor UINSU karena gagal dalam mengelola Pemanfaatan Anggaran dilingkungan perguruan tinggi negeri UIN-SU tersebut,” ujar Anwi Siregar (yang juga merupakan Pengurus FMD UINSU).

“Selain itu kami meminta kepada Menteri Agama Fachrur Razi agar mengevalusi kinerja Rektor UINSU karena gagal memimpin UINSU khususnya dalam pembangunan dan pengelolaan pemanfaatan anggaran infrastruktur di Kampus UIN-SU,” tegas Diass Simatupang yang merupakan Koordinator FMD UINSU.

Selain itu, ujar Boby Harahap yang juga merupakan Aktivis kampus UINSU meminta kepada Rektor UINSU agar segera mengundurkan diri dan menyerahkan dirinya ke KPK terkait kasus dugaan korupsi Gedung Mangkrak.

“Sampai kapanpun kami dari FMD UINSU akan terus menagih janji Rektor UIN-SU terkhusus terhadap pembangunan gedung kuliah terpadu 6 lantai yang tak kunjung rampung,” ujar Ikbal Mingka. Berita Medan, tim