HMI Komisariat ULB, Laksanakan MAPERCA
Pengurus HMI Komisariat Universitas Labuhanbatu

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Labuhanbatu (ULB) Periode 2019-2020 menggelar Masa Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA), pada hari Jum’at (18/10/2019) Sore, di Ruangan Seminar Universitas Labuhanbatu.

Dalam kegiatan MAPERCA itu juga, turut Ketua Umum HMI Komisariat ULB Bana Paqih, Hengki Syahyunan Hasibuan SH, Hasnul Habibi Harahap, SP, Nasky Putra Tandjung dan Zuhri Ritonga sebagai Pemateri dihadapan belasan orang Calon Anggota Himpunan Mahasiswa Islam.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan itu, yakni mengenai Pengantar Sejarah HMI, Pengantar Sejarah Islam, Pengantar Konstitusi HMI, Pengantar Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda, serta Pengantar Kepemimpinan Manajemen Organisasi.

Nasky Putra Tandjung selaku senior HMI Komisariat ULB dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa calon anggota baru HMI, harus memiliki wawasan yang luas terkait kemahasiswaan karena masih banyak mahasiswa yang belum sadar terkait fungsi dan perannya sebagai mahasiswa.

“Kami selaku orang yang telah dulu masuk HMI wajib memeperkenalkan sejarah pergerakan mahasiswa kepada kawan-kawan, dari hasil analisa saya, masih banyak mahasiswa yang belum sadar terhadap kewajibanya sebagai kontrol sosial dan agen perubahan,” paparnya.

Lebih lanjut Nasky menjelaskan, adanya bangsa ini salah satunya karena perjuangan mahasiswa.

Kawan-kawan masih fres, jadi harus terus mengasah diri agar tidak melupakan sejarah bangsa ini, bangsa ini ada salah satunya karena perjuangan para mahasiswa yang memiliki kesadaran akan perubahan atau kemerkaan, jangan sampai kita menjadi generasi yang masa melupakan sejarah,” ucap Nasky.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Hengky Syahyunan, menurutnya, di internal HMI, MAPERCA merupakan bagian dari pembentukan karakter HMI agar menjadi kader yang sesuai dengan tujuan HMI.

“Saya menyampaikan bagaimana calon anggota HMI harus menjadi mahasiswa yang utuh, yang memiliki karakter setelah masuk HMI, sehingga dengan karakter itulah, Mission HMI bisa dicapai,” ucap Hengky. Berita Labuhanbatu, red