Jemaah Haji Tahun Ini Dilengkapi Gelang Barcode

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Proses penerimaan jemaah haji tahun ini agak berbeda. Jemaah haji tahun ini mulai dari embrakasi diberi Gelang Barcode. Gelang ini diberikan untuk mempermudah mengidentifikasi jemaah haji saat berada di tanah suci dan untuk mengantisipasi jemaah haji yang tersesat.

Kabid Dokumentasi PPIH Embarkasi Medan, Eri Nofa mengatakan, gelang barcode merupakan kebijakan baru Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dan wajib dipakai jemaah haji sejak akan berangkat dari negaranya. Jemaah Haji Indonesia akan menerima gelang barcode saat berada di embarkasi menjelang keberangkatan.

“Penggunaan gelang ini terkait kebijakan pemerintah Arab Saudi sebagai tindak lanjut kebijakan e-hajj. Gelang tersebut terdapat kode barcode yang terkoneksi dengan seluruh informasi data elektronik haji pada sistem Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan gelang ini berbahan elastis, berwarna putih dan dilengkapi dengan kode barcode. Cara memakainya cukup mudah, tinggal dikaitkan saja. Bahannya juga tidak gampang rusak.

Eri Nofa mengatakan, fungsi Gelang Barcode ini adalah dapat mempercepat identifikasi jemaah haji. Identitas (ID) jemaah juga dapat dibaca secara elektronik, dan kementerian dapat mengetahui atau mengakses database jemaah haji.

“Selain itu, mempermudah pertolongan bagi jemaah haji dengan perantara ID yang ada di gelang. Selanjutnya, manfaat lainnya adalah meningkatkan performa pelayanan dalam bidang haji,” tambahnya. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini