Kemenag Madina Gelar Bimbingan Manasik Massal

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Panyabungan – Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal gelar bimbingan manasik massal bagi calon jamaah haji Tahun 2017/1438H di Aula Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan, Minggu (9/7).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Mandailing Natal Irfansyah Nasution dalam arahannya pada saat membuka acara Bimbingan Manasik Massal Bagi CJH Tahun 2017/1438H menyampaikan, bahwa menurut UU Nomor 13 Tahun 2018 ditegaskan bahwa pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan dan hal hal lain yang diperlukan jamaah haji baik di tanah air, diperjalanan maupun pada saat melaksnakan ibadah haji di tanah suci.

“Kementerian Agama punya kewajiban kepada calon jamaah haji untuk memberikan pembinaan dan pembimbingan manasik haji mulai dari tanah air, dalam perjalanan dan pada saat melaksanakan ibadah haji di di tanah suci Arab Saudi,” ujar Irfansyah Nasution.

Irfansyah Nasution juga menambahkan, dengan pelaksanaan bimbingan manasik haji ini diharapkan para calon jamaah haji Kabupaten Mandailing Natal lebih mengetahui, memahami dan menghayati prosesi dan prosedur pelaksanaan ritual ibadah haji, yang pada akhirnya terwujud jamaah haji yang mandiri, cerdas dan saling membantu diantara sesama jamaah serta meraih haji yang mabrur.

Lebih lanjut Irfansyah Nasution mengimbau kepada seluruh CJH Kabupaten Mandailing Natal untuk memelihara dan berperilaku hidup sehat dengan menjaga pola makanan dengan mengkonsumsi makanan sehat, dan menjaga pola dan prilaku sikap hidup yang islami, dengan membersihkan hati dan pikiran dari akhlak, prilaku, sikap dan pemikiran buruk dan yang tidak baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Marhani yang juga PPIH Tahun 2017/1438H ini, dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan bimbingan manasik massal bagi calon jamaah haji Tahun 2017 / 1438H ini digelar selama dua hari mulai tanggal 9 dan 10 Juli 2017 bertempat di Aula Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan, dengan narasumber Kepala Kankemenag Madina Muksin Batubara, Kasi PHU Ikhwan Siddiqi, Kasi Bimas Islam Ahmad Zainul Khobir dan dr, Ratna Zahara dari KKP Belawan Medan.

Dia juga menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh calon jamaah haji Kabupaten Mandailing Natal tahun ini sebanyak 494 orang yang terdiri dari 184 orang jamaah laki-laki dan 307 orang jamaah perempuan, dan juga diikuti 3 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Mandailing Natal, pungkus Marhani. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini