KPU Langkat Umumkan Pembukaan Pendaftaran PPK, Ini Link SIAKBA nya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM Langkat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Langkat melakukan sosialisasi pembentukan Badan Adhoc (PPK dan PPS) penyelenggara Pemilu Tahun 2024 dan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) di Stabat Seafood, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu (20/11/2022).

Berdasarkan Pengumuman KPU Kabupaten Langkat Nomor : 496/PP.40.1/1205/2022 tentang Seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Umum Tahun 2024. Oleh karena itu, KPU mengundang Warga Negara Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan.

“Pendaftaran PPK telah dimulai 20 November hingga 29 November 2022 mendatang pada kesempatan ini juga disosialisasikan SIAKBA yang digunakan sebagai alat dukung untuk memudahkan masyarakat untuk mendaftar sebagai anggota PPK,” kata Komisioner KPU Langkat, Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas, Magfirah Fitri Menjerang bersama Divisi Hukum, Ferdiansyah Putra saat diwawancarai usai Coffe Morning dengan para Jurnalis.

KPU Langkat Umumkan Pembukaan Pendaftaran PPK, Ini Link SIAKBA nya (2)
Flyer (Foto: Dok Istimewa)

Lanjut Magfirah, jika masyarakat yang ingin mendaftar silahkan membuka aplikasi link https://siakba.kpu.go.id. Di pendaftaran PPK ini KPU mempermudah masyarakat salah satunya Ijazah tidak perlu di legalisir, foto berlakang belakang bebas ukurannya 4X6 berjumlah 1 lembar.

Kemudian, sambungnya, bila masyarakat tidak bisa menggunakan Handphone Androit bisa langsung datang ke KPU Langkat, nanti akan dipandu oleh petugas. Pendaftar yang sudah mendaftar di situs SIAKBA, berkas Hardcopy (di cetak di atas kertas) diberikan juga diberikan ke KPU Langkat, rangkap satu.

Selain itu, apabila ada namanya dicatut di partai politik, dan memang tidak ada masuk kepengurusan partai itu. Maka dapat melapor langsung ke KPU Langkat, KPU akan memanggil partai tersebut. Sementara untuk Surat  Keterangan Kesehatan bisa melalui Puskesmas, Rumah Sakit atau Klinik.

Jika selver websitenya down, ditunggu aja sampai bisa dibuka kembali dan jika tidak ada sinyal di daerah itu, cari wilayah yang memiliki sinyal atau berkunjung ke kantor KPU Langkat. Ia menyarankan masyarakat mendaftar pada pagi atau malam hari agar menghindari silver down.

KPU Langkat
Jadwal Pembentukan Panitia Kecamatan (Istimewa)

“Jadi kita membuka peluang untuk tanggapan masyarakat, boleh melaporkan ke KPU bahwa yang bersangkutan itu Ijazahnya palsu dan masuk partai,” tegasnya.

Magfirah berharap sinergi antara rekan-rekan media, pendaftaran ini dapat disebarluaskan secara masif sehingga masyarakat kita mengetahui pendaftaran PPK sudah dimulai semenjak hari ini. (Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini