Milad I FAHMI UMMI, Merajut Silaturahmi

Milad I FAHMI UMMI, Merajut Silaturahmi
Ketua Umum Pengurus Pusat FAHMI UMMI, Ir. Mislaini Suci Rahayu, M.Ec.Dev.,

MUDANEWS.COM , Medan – Forum Silaturrahmi Ummi Muslimah Indonesia yang disingkat FAHMI UMMI, merupakan sebuah organisasi muslimah yang dibentuk berdasarkan kesadaran dan kepedulian perempuan muslim sebagai pilar perubahan kehidupan masa depan bangsa dan negara menuju kehidupan lebih baik.

Dibentuk pertama kalinya di Medan, pada tanggal 09 November 2020 bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1441 H, dan Organisasi ini berkantor pusat di Medan, dengan jangkauan kerja seluruh wilayah Indonesia.

Setahun perjalanan organisasi yang dipimpin Ummi Ir. Mislaini Suci Rahayu, M.Ec.Dev., sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat, bersama Sekretaris Umum Dra Tengku Nazariah, dan Seluruh Pengurus Pusat FAHMI UMMI, sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang umumnya untuk kepentingan masyarakat banyak, khususnya umat Islam.

“Adapun untuk Pengembangan Organisasi, sudah terbentuk Pengurus Wilayah di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, antara lain Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Batu Bara, Langkat, Binjai, Siantar, dan beberapa daerah lain yang sedang mempersiapkan Kepengurusan, meskipun ada beberapa daerah yang belum semua dilantik akibat pandemi Covid-19,” jelas Mislaini Suci, Kamis (19/11/2020).

Direncanakan Tahun 2021 akan terbentuk seluruh kepengurusan di Provinsi Sumatera Utara. Di samping itu, beberapa daerah seperti Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta, sedang dalam proses pembentukan dan Insya Allah akan dilantik pada 2021 yang akan datang.

“Untuk kegiatan internal, Pengurus Pusat FAHMI UMMI selain pengembangan internal organisasi, juga melaksanakan Kegiatan Rutin setiap bulan, yaitu melaksanakan Sholat Tasbih bersama, yang diisi dengan Ceramah, Dzikir, dan Dua,” jelasnya.

Di samping itu, juga pelatihan-pelatihan untuk pengembangan internal anggota organisasi yang diisi dengan berbagai keterampilan, yang diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung kepada seluruh anggota dan juga kepada masyarakat secara umum.

“Adapun secara eksternal, organisasi Pengurus Pusat FAHMI UMMI melaksanakan kegiatan berbagi untuk umat, yang bekerja sama dengan organisasi lain seperti Majelis Daerah Korps Alumni HMI (MD KAHMI) Kota Medan,” jelasnya.

Untuk kegiatan kemanusiaan, sejak Indonesia diserang wabah pandemi Covid-19, bergerak melakukan kegiatan berbagi sebagai kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid. Pembagian 4000 paket sembako, 4000 buah masker, 4000 botol hand sanitizer, kepada masyarakat. 200 unit baju Hazmat kepada 30 Puskesmas dan Tenaga Medis. Dan penyemprotan desinfektan di 40 Masjid dan Sekolah Tahfiz yang ada di Medan, Deli Serdang, Langkat, dan Batu Bara.

Selain itu, Pengurus Pusat FAHMI UMMI bekerja sama dengan PMI Kota Medan dalam kegiatan Rutin Donor Darah. Serta bersama BKM Masjid Ar Rahman di Desa Periaria, Kecamatan Biru biru, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan pendampingan bagi para Muallaf dengan menempatkan Ustaz di sana, dan untuk kegiatan ini sudan direncanakan beberapa daerah yang akan dilakukan Pendampingan bagi para Mualaf, dengan penempatan Ustaz di daerah tersebut.

“Pada Hari Raya Idul Adha lalu, Pengurus Pusat FAHMI UMMI, melakukan tebar daging qurban, ke beberapa daerah, antara lain di beberapa titik di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Batu Bara, dan Kabupaten Labuhanbatu,” ungkapnya.

Memperingati setahun organisasi, Pengurus Pusat FAHMI UMMI bersama seluruh Pengurus Wilayah dan Anggota FAHMI UMMI melaksanakan kegiatan Milad dengan Ketua Panitia Agus Wina Maya dan Sekretaris Panitia Elvi Hadriany, S.P., M.Psi. akan melaksanakan berbagai rangakain kegiatan, antara lain Donor Darah, Pemberian Santunan kepada anak Yatim dan Dhuafa, Khitanan, dan Bazar.

“Juga diisi dengan Doa bersama dengan pembacaan Yassin 41, Hadrah, dan penyerahan cendera mata pada Ustaz pendamping. Semua acara ini dilaksanakan pada puncak peringatan Milad pada hari Ahad, 22 November 2020 di Asrama Haji Medan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Adapun kegiatan Khitanan dilakukan khusus daerah binaan FAHMI UMMI, serta Santunan Anak Yatim akan diberikan sebagian besar secara langsung. Hal ini untuk mengantisipasi keadaan saat ini,” ujarnya.

Sebagai Pengembangan Organisasi, pada acara Peringatan Milad I, juga akan dilaksanakan Pelantikan Pengurus Koordinator Wilayah Provinsi Sumatera Utara, juga Pengurus Cabang untuk Kabupaten Deli Serdang, yakni Kecamatan Sunggal, Birubiru, dan Deli Tua. Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus LASKAR FAHMI bagi anak laki-laki dan Pengurus FAHMI ANNISA bagi anak perempuan, yang ini merupakan wujud dari FAHMI UMMI untuk Pembinaan Generasi Muda Islam yang dimulai dari keluarga besar FAHMI UMMI untuk dikembangkan ke seluruh Generasi Muda Islam yang ada di Indonesia.

Tema Milad I FAHMI UMMI yaitu Merajut Silaturrahmi, untuk Membangun FAHMI UMMI menuju Ukhuwah Masyarakat Sejahtera dalam Ridha ALLAH SWT”. Puncak acara Milad Insya Allah akan dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Bapak H. Edy Rahmayadi bersama Ibu Nawal Lubis. Juga Romo H. R. Muhammad Syafii sebagai Pembina FAHMI UMMI.

Di samping itu juga mengundang beberapa Organisasi Perempuan Muslim, Tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Setiap Tamu Undangan akan diberikan Paket Masker dan Pencuci Tangan.

“Disediakan beberapa titik tempat pencuci tangan. Pengurus Pusat FAHMI UMMI beserta Seluruh Pengurus Wilayah dan Cabang serta Semua Anggota memohon doa dari semua pihak agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan FAHMI UMMI ke depannya terus jaya dan dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, terutama masyarakat muslim di Sumatera Utara,” tutup Mislaini Suci, (Red)