LPPM UINSU Gelar Seminar Penguatan Hasil Peneltian Dan Pengabdian Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Medan – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LPPM-UINSU) gelar Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2023 di De Paris Hotel Medan, Kamis,9/10/2023.

Ketua LPPM UINSU, Dr. Nispul Khoiri, M. Ag, saat pembukaan acara menjelaskan.

“Seminar hasil menjadi tahapan akhir pendampingan pelaksanaan bantuan penelitian dan pengabdian masyarakat (Litabdimas) UINSU tahun anggaran 2023 melalui berbagai klaster yang ada, “terangnya.

“Setelah sebelumnya melakukan berbagai kegiatan pendampingan, mulai dari seminar proposal, kegiatan monev, seminar antara, seminar laporan akhir dan hari ini kita laksanakan seminar hasil. Dimaksud seminar hasil merupakan kegiatan akademis dilakukan oleh LPPM kepada penerima bantuan Litabdimas setelah menyelesaikan kegiatan penelitian, “ungkap nispul.

Lanjut Dr. Nispul Khoiri, M.Ag, yang juga dosen Pascasarjana UINSU memberikan catatan akan pentingnya diselenggarakan seminar hasil ini adalah.

“Forum ini menjadi media penting guna memberikan penguatan hasil penelitian. Para peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian untuk mengetahui masukan dari riviewer dan para reviewer memberikan catatan – catatan penting dalam proses penyempurnaan hasil penelitian, “ujarnya

Kemudia Nispul menerangkan beberapa poin LPPM sebagai pengawalan dalam peningkatan kualitas, meningkatkan kapasitas serta penguatan.

“Pertama, sebagai pengawalan LPPM, guna peningkatan kualitas hasil penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen. Hal ini harus benar terukur dianalisis kemudian dipertajam oleh para reviewer. Hasil penelitian berkualitas memberikan outcome berupa buku ber – ISBN dan dipublikasikan ke jurnal bereputasi nasional dan internasional.
Kedua, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen UINSU sebagai peneliti dalam penguatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Publikasi ilmiah dosen berkontribusi penting dalam peningkatan kualitas akademik program studi dan akredititasi institusi secara keseluruhan. Publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal – jurnal terkemuka dan terakreditasi menjadi bukti keunggulan Prodi bahkan mengukur keunggulan prodi salah satunya melaui publikasi ilmiahnya, “terangnya

“Ketiga, seminar hasil penelitian bagian dari proses penguatan ekosistem riset di kampus. UINSU berperan dalam kembangkan ekosistem riset sehingga berkontribusi dalam pemecahan persoalan daerah dan masyarakat. Karena itu semua dosen didorong untuk meneliti dan UINSU melalui LPPM menjadi wadah riset yang senantiasa memberikan ruang untuk meneliti, melalui BOPTN (Operasional Perguruan Tinggi Negeri) Litabdimas Kementerian Agama setiap tahunnya, kemudian LPPM melakukan kegiatan – kegiatan pendampingan guna menghasilkan riset bermutu, “pungkas Nispul.

Ketua Panitia sekaligus Kapus penelitian Dr. Muhammad Irwan Fadli Nasution, ST, MM. M.Kom, menjelaskan kegiatan seminar hasil berlangsung satu hari ini, harus diikuti dengan serius dan segala masukan dari reviewer menjadi masukan penting hasil penelitian.

Dalam kegiatan pelatihan ini juga dihadiri Sekretaris LPPM Reni Ria Armayani Hsb, M.E.I, Dr. Rafnitul Hasanah Harahap selaku Sub Koordinator dan Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat Putra Apriadi Siregar, SKM. M.Kes.

- Advertisement -

Berita Terkini