Praktisi Pendidikan Minta Disdik Langkat untuk Fokus Benahi Bangunan SD Negeri yang Rusak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 053980 Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara kondisi bangunannya rusak.

Hal itu berdasarkan pantauan mudanews.com pada Minggu (16/1/2022), tampak ruang kelas di bagian atap (seng) yang berkarat, asbesnya (plafon), kursi, jendela, pintu rusak dan cat bangunannya sudah agak buram.

Menanggapi hal itu, Praktisi Pendidikan Abdul Kholik Munthe meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Langkat untuk fokus merehab sekolah yang rusak ringan, sedang dan berat di kawasan kabupaten Langkat.

“Karena itu ranahnya daerah, jangan menjadi alasan dana Disdik kecil untuk renovasi. Ya pandai-pandailah untuk memanajemen keuangan pendidikan,” kata Kholik yang merupakan Dosen UIN-SU Medan itu, Kamis (3/2).

Menurutnya, siswa-siswi tidak akan nyaman jika bangunan sekolahnya seperti itu, pembenahan sistem dan sarana prasarana sangat penting, apalagi dulunya Kabupaten Langkat pernah dikenal sebagai “Kota Pendidikan dan Keagamaannya” hingga Mancanegara.

“Seharusnya Kadis Pendidikan memberikan masukan kepada Bupati Langkat agar insfrastruktur pendidikan diperbaiki dan menambah anggaran untuk pendidikan,” kata Kholik yang pernah belajar di Swedia itu.

Lanjutnya, sehingga barulah terwujud pemerataan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia terkhusus di Kabupaten Langkat ini.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Disdik Kabupaten Langkat Dr. H. Saiful Abdi, SH., SE., MPd mengatakan kemarin dari dana Disdik yang sangat kecil untuk renovasi.

Saiful menyebutkan SDN 053980 Jaring Halus hanya kamar mandinya yang diperbaiki. “Sudah kita perbaiki untuk Sarpras kamar mandinya,” kata Saiful. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini