Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Dampingi Anak-Anak SD Belajar di Masa Pandemi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Semarang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT-DR) ke-12 UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan proses belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19, upaya menanggulangi pembelajaran daring yang kurang efektif, Senin (2/8/2021).

Kegiatan belajar ini tujuannya untuk membantu siswa lancar dalam hal menulis dan membaca, yakni melihat kondisi pandemi sekarang dimana tidak efektifnya pembelajaran yang dilakukan secara online terutama di jenjang Sekolah Dasar (SD). Sehingga dibutuhkan kemampuan menulis dan membaca yang lancar agar siswa dapat memahami materi yang diberikan secara online oleh guru.

“Saya melihat anak-anak di tengah pandemi ini tidak dapat belajar secara maksimal. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah terutama untuk siswa yang masih berada di jenjang kelas 1. Tentu mereka masih butuh yang namanya pendampingan, khususnya dalam menulis dan membaca,” ujar Ikbal kepada mudanews.com, Selasa (3/8/2021).

Mahasiswa KKN UIN Walisongo
Antusias anak-anak SD Belajar dengan Mahasiswa KKN UIN Walisongo (dok istimewa)

Pendampingan belajar ini dilaksanakan sebagai program kerja setelah mendapat keluhan dari orang tua siswa yang menyebut bahwa putra putri mereka terlalu lama di rumah sehingga membuat anak-anak mereka lebih banyak bermain dan mengesampingkan pendidikan.

Salah satu orang tua siswa yakni Ibu Halimah mengatakan anak saya kelas 1 SD sekarang kurang lancar dalam membaca, mungkin dikarenakan belajar online yang kurang efektif. Saya sendiri kalau mengajari anak tidak telaten. “Jika mendapat tugas dari gurunya, saya yang selalu mengerjakan,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini