Alumni Magister MPI UIN-SU Medan, Dipersiapkan menjadi Manajer, Peneliti dan Konsultan Pendidikan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Ketua Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Ka. Prodi Magister MPI UIN-SU) Dr. H. Makmur Syukri., M.Pd didampingi Sekretaris Dr. Neliwati, S.Ag., M.Pd berharap lulusan Magister MPI mampu untuk menciptakan dirinya sebagai orang yang mewujudkan standar kompetensi lulusan dan cita-cita Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN-SU Medan.

Lulus dari Prodi Magister MPI ini, sambungnya, alumni mengimplementasikan ilmunya yang diperoleh selama kuliah, dapat berkarir sebagai tenaga administrasi, analis sistem, konsultan pendidikan dan peneliti di bidang pendidikan. Di sisi lain, alumni tetap menjaga almamater.

“Alumni itu harus mampu menyiapkan diri sebagai manajer pendidikan juga mampu sebagai manajer, peneliti, dan konsultan dalam pendidikan, karena di tangan mereka ada harapan untuk memenej dan menata kelola pendidikan itu,” kata H. Makmur saat diwawancarai mudanews.com usai menutup Ujian Tesis di Kampus UIN-SU Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Kamis (15/7/2021).

Selain itu, antar alumni harus tetap koordinasi dengan alumni lainnya membangun wadah bagaimana pendidikan itu benar-benar kita pantau, memberikan masukan-masukan kepada pemerintah.

“Baik itu masukkan secara formal dan non formal dalam mengembangkan potensi pendidikan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Harapannya kepada masyarakat memanfaatkan Alumni Magister MPI, karena alumni ini sudah diciptakan untuk mampu melakukan kolaborasi pendidikan dengan manajemen.

“Bagaimana menata kelola pendidikan itu, sehingga dengan mereka berada di lingkungan masyarakat, barang tentu mereka stakeholder yang mampu melakukan perubahan di masyarakat, yang selama ini manajemen konvensional, dengan adanya Alumni MPI ini dapat melakukan manajemen yang modren dan religius,” pungkas H. Makmur.

Alumni Magister MPI UIN-SU Medan
Riduan Pohan M.Pd, Muhammad Yunus M.Pd dan Handoko M.Pd saat mengikuti Ujian Tesis Program Magister MPI FITK UIN-SU Medan

Sementara Muhammad Yunus M.Pd, Handoko M.Pd, dan Riduan Pohan M.Pd yang baru mendapatkan gelar, berpesan kepada mahasiswa jangan pernah putus asa dalam berjuang. “Apalagi berjuang di Jalan Allah (menuntut ilmu) semua akan diberi jalan oleh Allah dan dimudahkan dalam menjalaninya,” tutur Yunus.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kaprodi, Sekretaris, Staf dan Dosen Magister MPI FITK UIN-SU yang telah membimbing dan memberikan ilmunya.

Yunus membeberkan, dosennya juga sangat luar biasa, hampir semuanya selalu memberikan inspiratif dan konstruktif dalam setiap pertemuan dengan skill dan caranya masing-masing tanpa ada membedakan satu dengan yang lain. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini