Dosen UMN Al-Washliyah, Guru Wajib Buat Media Pembelajaran

Dosen UMN Al-Washliyah, Guru Wajib Buat Media Pembelajaran
Dosen UMN Al-Washliyah

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen UMN Al Washliyah, Lia Afriyanti Nasution, S.Pd., M.Pd sebagai Dosen Pendidikan Fisika UMN Al- Washliyah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM ini dilaksanakan pada hari Sabtu (23/11/2019) di SD Rizki Ananda Kecamatan Patumbak.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah Evi Khairani, S.Pd beserta Bapak dan Ibu Guru SD Rizki Ananda.

Kegiatan ini mengambil tema PKM “Media & Metode Pembelajaran Inovatof, Interaktif dan Menyenangkan” dan Judul PKM dari Lia sendiri “PPM Terampil Membuat Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Memanfaatkan Hyperlink di SD Rizki Ananda Kecamatan Patumbak.

Sesuai Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Sehingga guru SD sekarang ini diwajibkan membuat media pembelajaran yang inovatif sehingga meningkatkan Kompetensi keterampilan siswa dikelas.

Pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk (1) Melakukan kegiatan sosialisasi untuk memberikan pemahaman bagi guru agar guru dapat menggunakan media power point berbasis Hyperlink di Pembelajaran IPA SD, (2) Memberikan contoh tentang materi apa yang digunakan dan pembuatan materi lewat power point, (3) Memberikan contoh dalam penggunaan Hyperlink di materi – materi IPA SD.

Melalui kegiatan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru tentang menggunakan media power point berbasis Hyperlink di SD, Guru dapat membuat media – media pembelajaran yang bersifat inovatif di kelas sehingga siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran.

Dalam pemaparannya Lia Afriyanti Nasution menyampaikan tentang pemanfaatan Media pembelajaran yang sangat berpengaruh besar dalam peningkatan semangat belajar dari siswa.

“Diwajibkan bagi guru untuk mempelajari bagaimana pembuatan dan penggunaan Media Pembelajaran dalam menjelaskan pembelajaran sesuai materi – materi IPA yang ada di SD tersebut. Sehingga secara tidak langsung dapat memancing kreativitas yang dapat meningkatkan nilai Psikomotorik Siswa,” tandas Lia. Berita Medan, Alvian