Mahasiswa Unpri Duta Bahasa Sumut 2017

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Mahasiswa Universitas Prima Indonesia (Unpri) Winro EM Tamba berhasil meraih juara pada pemilihan duta bahasa Provinsi Sumut 2017 di Hotel Garuda Plaza Jalan SM Raja Medan.

“Kami senang dan bangga dengan keberhasilan mahasiswa Unpri yang terpilih sebagai Duta Bahasa 2017 menyusul prestasi tahun sebelumnya yang juga diraih Dina Anggraini dan Adi Putra Rajagukguk,” kata Dekan FKIP Unpri, Dian Syahfitri SS M.Hum, Selasa (30/5).

Disebutkannya, keberhasilan Winro pada ajang pemilihan duta bahasa belum lama ini tidak terlepas dari kerja keras dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta diimbangi dengan Intellegence Quotient (IQ),  Emotional Quotient (EQ ) dan Spiritual Quotient (SQ )

Selain itu, kata Dian, keberhasilan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris itu juga berkat dukungan penuh dari keluarga dan segenap sivitas akademika Unpri.

Dituturkannya, kompetisi tahunan besutan Balai Bahasa Sumatera Utara ini didesain untuk mendapatkan Duta Bahasa yang memiliki kecerdasan yang seimbang antara IQ, EQ, dan SQ.

Dian yang juga pernah menjadi Duta Bahasa Sumut 2008 ini menyebutkan, berbagai kategori tes seperti presentasi makalah, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) hingga wawancara kepribadian harus dilalui oleh semua peserta.

Ketua BPH Unpri Dr Tomy Leonard SH MKn menyatakan bangga atas prestasi yang diraih Winro.

Menurut Tommy, keberhasilan Winro menjadi Duta Bahasa Sumut 2017 merupakan bukti Unpri selain menjamin mutu pendidikan, juga ikut menjadi penyumbang prestasi untuk Provinsi Sumatera Utara.

“Melalui prestasi ini, kami berharap dapat menjadi mitra untuk mendukung program pemerintah,” kata tokoh pendidikan Sumut ini.

Tommy mengakui memang telah menjadi misi Unpri untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa mencetak prestasi di berbagai ajang, baik akademik maupun non-akademik di luar kampus.

Semua prestasi yang ditorehkan mahasiswa, kata Tommy, akan mendapatkan apresiasi dari kampus, termasuk untuk mendukung kesuksesan Winro di tingkat nasional Oktober 2017 mendatang di Jakarta.

Sebagaimana yang diketahui, pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumut 2017 diikuti lebih dari 150 peserta, baik mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh PTN/PTS se-Provinsi Sumatera Utara, maupun masyarakat umum mendaftar sebagai peserta.

Setelah melewati berbagai tes, termasuk presentasi tentang ide atau gagasan tentang kebahasaan, hanya 20 finalis putera dan puteri saja yang berhak masuk ke malam puncak.

Pada malam puncak pemilihan duta bahasa Provinsi Sumatera Utara 2017 bertajuk ‘Rupawan karena Bahasa’, dewan juri menetapkan 10 finalis putera dan 10 puteri. Pada babak berikutnya mereka diwajibkan menjawab pertanyaan yang diambil secara acak oleh panitia.

Setelah melewati seleksi ketat, dewan juri menetapkan Winro Eko Marius Tamba sebagai Duta Bahasa Sumut 2017 untuk kategori putera. Sedangkan kategori puteri diraih Yunita Marpaung dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Selanjutnya mereka berdua secara intens akan diberi pembekalan dan berbagai persiapan di Balai Bahasa Sumut untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2017 yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang di Jakarta. Berita Medan, khairul

- Advertisement -

Berita Terkini