BKN Siapkan Langkah Hukum Terhadap Dugaan Ajaran Sesat Syaiful Karim

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Penulis: Nurul Azizah

Beredarnya video ceramah agama yang diduga menyesatkan dari Syaiful Karim yang banyak beredar di TIK Tok membuat radang Ketua Barisan Kesatria Nusantara BKN pusat Muhammad Rofi’i Mukhlis.

Bagaimana tidak video itu diduga sangat menyesatkan. Ceramah agama tetapi Syaiful Karim memberikan kajian ceramah yang diduga menyesatkan.

Atas beredar video ceramah Syaiful Karim penulis mewawancarai Gus Rofi’i sebagai Ketua Umum BKN pusat.

“Video Syaiful Karim yang linknya beredar di Instagram dan WhatsApp sangat meresahkan,” jelas Gus Rofi’i yang penulis hubungi lewat telp WhatsApp.

Di video tersebut Syaiful Karim membahas tentang QS Al Qoriah, di bawah ini kutipan video yang viral tersebut:

“Pernah dengar Qori, Qori, siapa, laki-laki yang membaca Al-Qur’an ya toh, pernah mendengar Qoriah, siapa, perempuan yang membaca Al-Qur’an, biasanya kalau Mauludan dan rajaban kalian suka mengundang Qori Qoriah, biasanya juara juara membaca Al-Qur’an, yang laki-laki disebut Qori dan yang perempuan disebut Qoriah. Di Qur’an ada Qur’an surat Al Qoriah,” jelas Syaiful Karim di video tersebut.”

“Sayang sekali surat Al Qoriah selama ini diterjemahkan hari kiamat, saya juga bingung, kok Al Qoriah hari kiamat, padahal Qori itu adalah pembaca laki-laki, Qoriah pembaca perempuan, pakai alif lam itu kata benda, menjelaskan bahwa Al Qoriah itu si pembaca, jadi Al-Qoriah itu artinya apa, pembaca. Mau jadi Al Qoriah, pembaca, pembaca apa, pembaca kitabmu, kalau kalian sudah berhasil membaca kitabmu, amalmu sendiri, kalian sudah jadi Al-Qoriah. Maaf ya kok saya tidak mengerti kenapa Al Qoriah bisa jadi hari kiamat,” jelas Syaiful Karim dengan nada menjelaskan.

Video itu sangat-sangat menyesatkan. Gus Rofi’i sagat kaget dan bereaksi keras saat mendengarkan penjelasan dari Syaiful Karim.

Surat Al Qoriah menjelaskan tentang peristiwa hari kiamat, surat ke 101 dalam urutan mushaf Al-Qur’an yang terdiri dari 11 ayat.

Surat Al-Qoriah diturunkan agar manusia mau berfikir dan mengingat bagaimana beratnya kejadian hari akhir sehingga kita senantiasa memperbanyak amalan kebaikan dan menghindari hal-hal buruk yang tidak bermanfaat.

Jadi Syaiful Karim itu bukan ustad dan ceramahnya benar-benar menyesatkan umat.

Penulis penasaran dengan video-video yang viral dari Syaiful Karim. Penulis telusuri akun dari aldin_sultra. Banyak sekali ternyata video sama-sama viral.

Biasanya yang viral atau for your page yang pupuler disingkat fyp. Di mana laman video tersebut direkomendasikan oleh Tik Tok untuk diikuti oleh pengguna. Salah satu video yang fyp adalah akun Tik Tok atas nama adin_sultra. Pengikutnya sudah mencapai 60.600 pengikut dan yang suka terhadap akun ini mencapai 543.200. link yang viral dengan alamat https://linktrdotee/syaifulkarim.

Akun Tik Tok tersebut berisi video-video yang terkesan kajian Islam ala Syaiful Karim. Penulis lumayan kaget siapa pengguna akun aldin_sultra yang selalu mengunggah video-video ceramah Syaiful Karim.

Video-video yang viral dari ceramahnya Syaiful Karim mencapai penayangan 2,6 juta. Video yang viral mencapai 1-2 juta lebih penayangan kemudian oleh pengguna Tik Tok di sematkan di beranda paling atas.

Hampir semua video itu viral, kajiannya tidak mengambil dari referensi dari hadis yang shokeh, Al-Qur’an atau kitab fiqih. Kajiannya menurut tafsirnya sendiri.

“Padahal ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin itu ada sumbernya. Baik dari kajian Al-Qur’an, hadis, fiqih, nahwu dan shorof,” jelas Gus Rofi’i.

Atas kejadian ini masyarakat harus hati-hati dalam mengkaji dari ceramahnya Syaiful Karim. Dari BKN akan segera siapkan langkah hukum terhadap ajaran sesat Syaiful Karim. Karena pemahaman Syaiful Karim sangat liar tentang Surat Al Qoriah.

“Kebodohan dan kesesatan Syaiful Karim jangan sampai menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. Dia hanya mengandalkan retorika dan bahasa,” jelas Gus Rofi’i mengakiri wawancara dengan penulis.

Syaiful Karim lahir di Kabupaten Garut, 7 Maret 1967 akan segera di laporkan oleh Muhammad Rofi’i Mukhlis Ketua Barisan Kesatria Nusantara (BKN) Pusat ke Bareskrim Polri atas ajaran sesat yang diviralkan lewat akun Tik Tok.

Nurul Azizah penulis buku Muslimat NU Militan Untuk NKRI, minat hub 0851-0240-8616.

- Advertisement -

Berita Terkini