Aidil Fitri: Urgensi Memaksimalkan Pelayanan Jamaah Haji Lansia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Opini – Ada yang istimewa dalam momentum ritual pelaksanaan Ibadah haji tahun ini. Tagline program haji kali ini mengusung tema yang unik.

Haji berkeadilan dan ramah lansia. Berkeadilan yaitu memberikan kesempatan kepada orang yang sudah antri begitu lama untuk melunasi terlebih dahulu dari pada pendamping lansia.

Sedangkan Ramah lansia artinya memberikan beberapa kemudahan kepada jamaah lansia yang istito’ah. terang H. Ahmad Qosbi selaku Ketua PPIH embarkasi/debarkasi Medan 1444 H Tahun 2023 M .

jemaah haji Provinsi Sumatera Utara berjumlah 8328 orang yang terdiri dari 24 kelompok terbang (kloter).

Kloter 1 dijadwalkan masuk asrama haji embarkasi Medan tanggal 23 Mei 2023 dan berangkat tanggal 24 Mei 2023.

Sementara dikloter terakhir yakni kloter XXIV masuk asrama haji tgl 16 juni 2023 dan berangkat tanggal 17 juni 2023.

Aidil fitri selaku salah satu petugas P3IH embarkasi/debarkasi Medan 1444 H tahun 2023 M yang juga sebagai Sekretaris PCNU langkat masa khidmat 2022-2027 menyatakan bahwa Lansia sendiri merupakan suatu siklus terakhir siklus kehidupan seseorang.

ketika seseorang menjadi semakin tua, mereka cenderung berpotensi mengalami masalah kesehatan. Lansia dimulai pada usia 60 atau 70 tahun hingga saat kematian.

Masa ini merupakan masa untuk meninjau hidup yang sudah dipelajari, pensiun, dan menyesuaikan diri terhadap peran-peran sosial yang baru mengalami penurunan kekuatan dan kesehatan.

Kondisi lingkungan yang baru dan cuaca yang ekstrim membuat jamaah haji lansia mengalami kecemasan. Kecemasan merupakan suatu pengalaman subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan.

Juga sebagai reaksi umum karena ketidakmampuan menghadapi masalah atau rasa tidak aman, umumnya akan menimbulkan gejala-gejala fisiologis (seperti gemetar, berkeringat, detak jantung meningkat, dan lain-lain) dan gejala psikologis (seperti panik, bingung, tidak dapat berkonsentrasi, dan sebagainya).

Oleh sebab itu, lanjut aidil bahwa P3IH harus maksimal dalam melayani semua kebutuhan yang diperlukan oleh jamaah lansia.

agar masalah-masalah yang timbul yang mengakibatkan terhambatnya proses haji dapat diminimalisir bahkan bisa dihilangkan dengan bantuan dan pelayanan petugas buat jamaah.

Sehingga proses haji yang dijalankan mampu dilaksanakan dengan baik dan dijalankan sesuai tuntunan. Lanjutnya.

Jumat, 16 Juni 2023 22:30 WIB

- Advertisement -

Berita Terkini