Jokowi Serukan Produksi APD Massal

Jokowi Serukan Produksi APD Massal
Presiden Jokowi

MUDANEWS.COM, Jakarta  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan pembuatan alat kesehatan (alkes) produk lokal secara massal. Jokowi menolak kebiasaan yang selama ini dilakukan melalui impor alkes.

Adapun alkes yang hendak diproduksi dalam negeri itu adalah alat diagnosis Covid-19 Polymerase Chain Reaction(PCR) dan alat bantu pernapasan atau ventilator. Rencananya, target produksi secara massal akan dilakukan padaakhir Mei atau awal Juni 2020.

Jokowi mengatakan, Indonesia tak lagi mengandalkan produk-produk luar negeri yang menyebabkan Indonesia selalu bergantung pada negara lain. Jokowi mengatakan kedua alat tersebut tengah dikembangkan oleh Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Sehingga kita tidak tergantung lagi pada produk impor dari negara lain,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/5).

Jokowi berharap upaya tersebut dapat mengurangi impor alat kesehatan. Adapun perusahaan yang ditunjuk untuk memproduksi secara massal alat-alat tersebut adalah perusahaan milik BUMN, PT LEN dan perusahaan swasta PT Polijaya.

Kedua perusahaan nantinya memiliki kapasitas produksi 100 unit portable ventilator dan 50 ribu alat tes PCR per minggu.