Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 yang digelar di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Pondok Gede Jakarta, Minggu (1/10) pagi berlangsung khidmat.

Kidung lagu Gugur Bunga dengan iringan orkestra dari Sekolah Menengah Musik Bantul Yogyakarta menambah suasana khidmat upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Upacara dimulai tepat pukul 08.00 Wib dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusfu Kalla, para Menteri Kabinet Kerja, Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, pada Duta Besar Negara Sahabat, sejumlah tokoh dan pelajar yang hadir menjad bagian barisan upacara.

Rangkaian upacara dimulai pukul 06.00 Wib dengan penaikkan bendera merah putih, dilanjutkan dengan tiupan terompet pertama tepat pukul 07.30 WIB dan tiupan terompet kedua pukul 07.40 WIB saat Presiden tiba di lokasi upacara bersama Wapres, dan tepat pukul 08.00 WIB upacara dimulai.

Setelah laporan komandan upacara, Presiden memimpin pengheningan cipta, selanjutnya berturut dibacakan Teks Pancasila oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta, pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, pembacaan Naskah dan Penandatanganan Ikrar oleh Wakil Ketua DPR RI Fakhri Hamzah, dan pembacaan Doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Usai doa, Presiden dan Wakil Presiden selanjutnya menuju monumen Pancasila Sakti yang tepat berada di belakang tribun kehormatan, selanjutnya melihat parade orkestra dan jumpa pers dengan media.

Kepada pers, Presiden menegaskan agar tragedi G30S/PKI jangan sampai terulang lagi, dan meminta seluruh komponen bangsa untuk menjaga Pancasila.

“Pemerintah jelas, sesuai TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966 PKI dilarang, dan saya perintahkan TNI/Polri, kementerian/lembaga untuk bersinergi membangun bangsa, dan membuat rakyat tenang dan tentram,” ucap Presiden. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini