Lentera Indonesia Institute Gelar Seminar Nasional tentang Deradikalisasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jawa Timur – Lentera Indonesia Institute bekerja sama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) IAIN Kediri menggelar seminar nasional, Rabu (27/9/2017).

Seminar Nasional yang bertemakan ‘Peran Kaum Muda Dalam Membangun Gerakan Deradikalisasi,’ digelar di Auditorium IAIN Kediri, Jawa Timur.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh lebih dari dua ratus peserta yang berasal dari Kediri, Surabaya, Malang dan berbagai elemen masyarakat lainnya seperti, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, mahasiswa dan berbagai LSM.

Sebagai narasumber hadir Iskandar Tsani, Akademisi IAIN Kediri, Munasir Huda, ketua Gerakan Pemuda Ansor kediri dan Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag, mantan rektor IAIN Kediri dan wakil FKUB Kota Kediri.

Iskandar Tsani dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pemuda harus memiliki peran yang cukup besar dalam melawan gerakan radikal di Indonesia, dia mencontohkan bagaimana hari ini keterlibatan kaum muda dalam gerakan radikal. “Pemuda harus memiliki prinsip yang kuat dalam menjaga keutuhan NKRI, jangan sampai para pemuda ikut dalam gerakan radikal,” ujarnya.

Sementara itu Munasir Huda mengatakan bahwa munculnya gerakan radikal salah satunya adalah akibat pemahaman keagamaan yang tidak tuntas, mereka tidak memahami agama secara utuh, pemahaman terhadap teks yang tidak menyeluruh membuat mereka akhirnya terjun bebas dalam gerakan radikal.

Pemateri terakhir Dr. Ahmad Subakir mengatakan bahwa pemuda adalah ujung tombak dari sebuah perubahan. Karena ditangan pemudalah peradaban ini akan berkembang. Gerakan deradikalisasi harus terus digalakkan ditengah munculnya arus radikalisasi di masyarakat. Dan pemuda harus mengambil peran itu, tegasnya. Berita Kediri, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini