Mudik Lebaran 2017, Komite II DPD RI Tinjau Stasiun Kereta Api Gambir

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menghadapi mudik lebaran, Komite II DPD RI hari ini meninjau stasiun kereta api Gambir untuk memantau kesiapan moda transportasi umum.

Dalam kunjungan selama satu jam di stasiun Gambir, Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba mengatakan fasilitas yang terdapat di stasiun Gambir sudah cukup memuaskan, terlihat dari kondisi ruang tunggu stasiun yang bersih, begitu pula toiletnya. Selain itu, tersedianya mushola yang memudahkan umat muslim untuk beribadah masyarakat sudah merasa cukup puas dengan fasilitas di stasiun Gambir. Namun, Parlin berharap berbagai fasilitas terus dikembangkan untuk kepuasan pelanggan menjelang mudik lebaran.

Tak hanya soal fasilitas, Parlin berharap agar ketersediaan tiket bisa diakomodir oleh Pihak PT KAI, untuk mengantisipasi masyarakat yang kehabisan tiket dan menciptakan sistem pembelian tiket yang bebas calo.

“Saya harap bisa ditambah kuota tiket bagi masyarakat yang tentu saja diimbangi dengan ketersediaan armada kereta apinya. Untuk pembelian tiket sekarang memang sudah didukung dengan metode pembelian online, namun jangan sampai dimanfaatkan oleh calo-calo tiket yang tentu saja membuat masyarakat resah,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa upaya dalam menghadapi lonjakan penumpang pada saat arus mudik maupun arus balik tahun ini. Diantaranya, tambahan gerbong dan kereta tambahan.

“Kami juga sudah siapkan penambahan posko keamanan, posko kesehatan, kemudian terkait dengan ketersedian tiket kereta, kami sudah siapkan 6 kereta tambahan, dan akan ada penambahan kereta juga dari keberangkatan Stasiun Senen yang akan mengakomodir penumpang yang tidak mendapatkan tiket di Stasiun Gambir,” ujar Rizki.

Dikesempatan yang sama Kasubid Angkutan Orang, Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani, menambahkan soal kesiapan operasi 6 kereta tambahan yang dibuat oleh PT INKA , “Dari 6 itu 4 sudah siap dan akan operasi tanggal 15 juni 2017, lalu 1 lagi minggu ini masih diuji dan 1 lagi akan diuji minggu depan. Kereta tersebut akan beroperasi dengan rute Jakarta ke area sekitaran Jawa, Surabaya, Yogyakarta dan Madiun,” pungkas Yani. (Amid)

- Advertisement -

Berita Terkini