Kemenag Gelar Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji di Saudi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batam – Kementerian Agama menggelar Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji di Arab Saudi tahun 1438H/2017M.

Direktur Pelayanan Haji Luar (Diryanlu) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan agar informasi seputar layanan di Saudi bisa disampaikan ke seluruh jemaah.

Menurutnya, 50 hari jelang keberangkatan kloter pertama ke Arab Saudi, penyediaan layanan di Arab Saudi sudah selesai semua. Untuk itu, Kemenag melangkah pada tahap selanjutnya untuk melakukan proses diseminasi informasi kepada para stakeholder haji.

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan informasi layanan di Saudi akan tersampaikan ke seluruh jemaah sehingga mereka mengetahui layanan yang akan diberikan sebelum berangkat haji,” terang Sri Ilham Lubis di Batam, Selasa (6/6).

Sri Ilham mengatakan, sosialisasi terbagi dalam dua zona. Zona pertama diselenggarakan di Batam, 6 -8 Juni 2017, dan diikuti oleh 13 Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi. Ketiga belas kanwil tersebut adalah Provinsi Aceh, Sumater Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, dan DKI Jakarta. Selain itu, sosialiasi juga diikuti tim Badan Pusat Statistik dan Pusat Kesehatan Haji.

“Zona kedua rencananya akan diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri di Semarang bersama 21 Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Provinsi lainnya,” ujarnya.

Sosialiasi dibuka oleh Plt Dirjen PHU Nur Syam. Dalam sambutannya, Nur Syam menggarisbawahi pentingnya isu pelayanan dan perlindungan yang selalu muncul dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tiga tahun terakhir.

Nur Syam berharap persiapan yang sudah dilakukan jajaran Ditjen PHU akan berdampak pada peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada jemaah.

Selain Sri Ilham Lubis, sejumlah narasumber dijadwalkan hadir dalam dua hari ke depan. Mereka antara lain Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, mantan Dirjen PHU Abdul Djamil, serta para ketua tim penyediaan layanan di Arab Saudi, baik katering, transportasi, maupun akomodasi.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan dalam 2 gelombang. Gelombang I rencananya mulai diberangkatkan pada tanggal 28 Juli – 11 Agustus 2017 langsung menuju Madinah. Adapun gelombang II, rencananya diberangkatkan pada tanggal 12 hingga 26 Agustus 2017 dengan tujuan Jeddah.

Terkait agenda perjalanan haji 2017, sila lihat Rencana Perjalanan Haji Tahun 1438H/2017M. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini